Tips Pemain Belakang Gerard Pique

Cover

Mau punya kemampuan hebat kayak Gerard Pique? ikuti tips ini pasti kamu bisa punya skill Pique! jago bertahan, disegani lawan, disukai tim dan orang! yang pasti akan dibedah skill Gerard Pique apa yang kamu harus lakukan nanti dan meningkatkan skill untuk lebih baik lagi, ya sama-sama seperti Pique lakukan…oke ini dia tipsnya:

Sekilas Gerard Piqué

Pique Barcelona

Pa….Papa…..Gaji Naek Dunk!!!

Sejak kecil dia adalah pemain Barcelona junior dan pindah ke Manchester United, tercatat hanya (12 kali saja) disana tapi Pique dianggap bukan pemain Spesial (bawa juara sih) tapi biasa aja. dia terus di pinjam ke Klub Spanyol Zaragoza, balik lagi ke klub masa kecilnya Barcelona dengan banderol 5 juta (£) saja. kini banderolnya bila klub mau beli dia, dibursa transfer (sekitar 40 -45 juta Euro) wow!.

Sapa sangkah pemain biasa saja pas hijrah ke Barcelona menjadi pemain besar! setelahnya membawa Juara Eropa dan Dunia (untuk Timnas Spanyol). sederet prestasi diraih pria kelahiran kelahrian 2 Februari 1987 (Zodiak Aquarius) ini dan suami penyanyi cantik asal Kolombia Shakira, sudah punya lebih dari 20 Piala klub (total) dan dia juga mendapat penghargaan individu. nah kalau mau belajar skill kayak Pique? mongo! semoga tips dibawah ini berguna untuk kamu deh.

Tingkatkan Skill Bertahan/Defender Kamu (Terus Asah Dan Latihan)

Kemampuan Pique (dalam dunia nyata) diakui punya skill “World Class” dalam:

Marking/Menjaga (Menjaga area pertahanan)

Covering/Menutupi (Menjaga/Menutupi pergerakan lawan ke area pertahanan)

Antisipasi (Mencegah penyerang lawan mengancam area pertahanan)

Tekel/Tackle (Mencegah lawan atau merebut bola lawan dengan Tackle kaki)

Teknik (Semakin teknik baik, pemain punya gaya bermain bagus, khususnya bertahan)

Balance/Keseimbangan (Skill ini baik dalam merebut atau menghalau bola lawan)

Lompatan/Jumping (Kemampuan melompat, baik untuk menghalau bola tinggi)

Sundulan/Heading (Menghalau laju bola dengan kepala, antisipasi umpan lambung,dll)

Konsentrasi/Fokus  (Fokus dipertahanan, agar pertahanan jangan sampai ditembus lawan)

Ketengangan/Kesabaran (Pribadi yang tidak tergesa-gesa, baik membaca serangan lawan)

Keputusan/Ketegasan Hati (Pemain tahu yang dilakukannya menyerang dan bertahan)

Tekad/Ketetapan (Pemain punya jiwa kuat dalam Mental, Kemenangan, Ambisi,dll)

Strength/Kekuatan Diri (Ini bagus untuk mental dari pemain)

Influence/Pengaruh (Pengaruh diri positif bagus untuk jadi panutan teman se-tim)

Work Rate/Kerjasama Tim (Tim itu bermain bersama, bukan hanya individual)

Menempatkan/Mengatur Posisi (Sehingga punya posisi yang baik dalam menghalau lawan)

Stamina (Pemain punya stamina baik, skill ini bisa didapat melalui Fitnes, Aerobik,dll)

Note: Skill bila terus dilatih/diasah akan meningkat (begitu sebaliknya).

Skill diatas ini di asah dengan baik, percayalah kemampuan kamu akan meningkat. untuk mengasah skill kamu butuh latihan berbulan bahkan bertahun-tahun, jadi tidak ada yang (Instan) dalam hal ini. kamu juga harus punya sikap pantang menyerah (jangan sudah latihan) merasa gagal, ya gagal! kamu lagi diuji situasi namanya. untuk itu percaya pada diri sendiri (Bahwa kamu bisa), dan percaya yang kamu lakukan itu benar suatu hari akan mendapatkan hasil maksimal (sekali lagi) bukan instan. bisa instan sih….caranya gampang…..makan indomie aja pasti kenyang….soal skill itu harus proses!!!!

COME ON…..YOU CAN DO IT!!!!!!!!!!!!

Pique juga pasti pernah rasain namanya Ngedrop! mungkin pernah ngomong (Gua tinggi kurang apa kok cuma jadi pemaen cadangan di MU sih?…aduh nasib baek gagal maning2x) ya contoh kayak gitu dalam bahasa Spanyol! dia juga pernah ngalamin saat tidak PD! tapi karena terus percaya, ga ada ga mungkin (bagi dia!) sekarang tinggal pakai permanen saja skillnya sampai tiada (ini tak pernah lepas) didiri Pique. biarpun masa depan nanti dia jadi pemabuk, KDRT, Curanmor, apalah? (sory nih!) skill bertahan tetap tidak bisa lepas…sampai kapan pun! lupa sih bisa lupa, tapi tidak seluruhnya hilang.

Cara Melatih Skill Dari Marking Sampai Stamina Yang Baik Untuk Kamu

Marking/Menjaga Pertahanan

Cara paling bagus memperhatikan arah bola ketika lawan menyerang! konsentrasi gak boleh kendur sedikitpun dari perhatian lawan. sering-seringlah perhatikan (diyoutube-video,dll) ketika penyerang merobek pertahanan lawan dan kamu seolah jadi Bek apa yang harus lakukan? dan apa yang harus di halau saat (Penyerang) itu menggila (umpamanya?). pikirkan terus caranya sampai kamu dapat hasil “Oh caranya begini toh?” setelah itu praktekin (kalo gagal) cari gaya lain…..terus sampai berhasil!

Latihan: Sering2 halau penyerang bawa bola (terus halau). nanti kamu bakal nemuin caranya gimana jaga pertahanan yang baik? bukan waktu sekejap melatih skill ini, bulan/tahunan bro!.

Covering/Menutupi Pergerakan Lawan

Seorang dalam meng-covering yaitu (targetin) sapa yang mau dicovering? misalkan ada 2 penyerang A dan B (kamu pilih saja A ato B) setelah itu pepet dia terus, cegah dia mau dapet bola! dengan begini pertahanan jadi aman kan? tapi hati-hati kudu maen halus pas covering malah kena kartu lagi. untuk itu konsentrasi perhatikan (misalkan penyerang A) janganlah lengah saat kamu bertahan.

Latihan: Berani ambil resiko samperin penyerang lawan, terserah dapet sikutan atau bola out! terus berani halau dan pakai gaya terbaikmu. kamu dibilang berhasil pas halau bersih/clean (tidak dapat teguran kartu dan lawan tidak terluka/cedera oleh kamu). covering dikatakan menutupi gerak lawan bukan hanya menargetkan (A atau B) saja loh banyak variasi dan banyak nama.

Antisipasi 

Saat skill Marking dan Covering ditingkatin praktis skill Antisipasi terasa sudah dimiliki kamu. tetapi antisipasi ada dalam berbagai cara bukan cuma marking dan covering ada antisipasi bola bawah/atas antisipasi bola hampir masuk kegawang kita,dll itu banyak variasinya dan penangannya beda2. yang terpenting adalah konsentrasi tinggi (dimana dan kapanpun?) hilangkan pikiran yang ada, lalu fokus pada pertahanan (selama 90 menit) bila kamu maen full. gimana kamu bertekad keras dan punya ketenangan serta kesabaran fokus dalam pertandingan? dijamin segala gaya antisipasi bisa dilakukan asal maennya halus dan smooth…usahain fair play yah! biarkan orang laen curang (diving,dll), kamu jangan ikut-ikutan dan harus jadi panutan memberi contoh yang baik bagi pemain lain.

Latihan: Keberanian ditambah Marking dan Covering dijamin kamu bisa mengantisipasi yang baik.

Tekel/Tackle 

Cara baik Tekel lawan harus halus tanpa memimbulkan cedera atau priwitan wasit! ini butuh latihan bulan atau tahun. gimana kita sliding (meluncur) ketanah juga diperhatikan dari kondisi kita maupun lawan. kamu bisa latihan yang ini ketika bola (passing) menuju lawan, blokade sekarang juga! intinya lebih baik out dibanding bola sampai kelawan. dalam tekel lawan butuh penempatan posisi tepat dan berani ambil resiko mengambil bola dari kaki lawan atau (sapu bersih) umpan bawah/atas kamu bisa melakukan ini secara continue dan mencari cara saat sedikit berhasil, lalu di tingkatkan lagi.

Latihan: Harus berani jatuh-merosot,dll untuk takel lawan/bola, konsentrasi ambil posisi yang tepat.

Teknik

Pernah lihat Zlatan Ibrahimovic, Wayne Rooney, Messi, Ronaldo Cr7 (pemain top dunia lain) bawa bola kan? dimana kok bola lengket terus kekaki, belum ngumpan, nge-gol-in waduh mantap liatnya. ini dinamakan Teknik, semakin teknik tinggi justru bisa membuat orang lain jadi WOW! tentu tidak sembarangan pemain punya teknik tinggi dan harus dilatih bertahun-tahun (sampai bisa).

Skill itu dijamin ningkat maka dari itu pemain diklub Eropa butuh terus berlatih setiap hari agar skill pemain nambah. mang kagak bisa 1-2 hari tingkatin skill (tergantung progres latihan). kamu bisa liat di Liga2 Eropa pemain yang dulu biasa sekarang hebring sih? itu bagian progres latihan! jadi latihan ditahun 2015 bukan berarti di 2018 nanti (skill kamu gitu2 aja, pasti nambah kok) sabar diperlukan. dalam latihan bila skill kamu rada kurang, mintalah Coach untuk private training demi skill nambah. terutama skill teknik yang para gelandang diklub Eropa kini, dapet teknik baru yang belum dia dapat dari klub sebelumnya. kamu juga bisa seperti itu…….keep it up man.

Latihan: Belajarlah teknik (dasar, menegah, atas) biar susah jangan berhenti sampai menguasainya. pelan-pelan, tahap hari demi hari….emang mau kemana sih buru2 amat? kayak mau ke kondangan?

Balance/Kesemimbangan

Biasanya pemain badan (sterek) fisik bagus pas berhadapan dengan lawan bawa bola, tentu gampang rebutnya dibanding pemain (badan standard). gak ngaruh juga bila belajar skill ini. bukan hanya Bek melainkan Penyerang, balance berguna bagi segala posisi (bagus bila ada kontak fisik) dengan lawan jadi kamu tidak gampang letoy jatuh,dll skill ini bisa dipunya melalui training olah raga khususnya di gym “angkat beban” (serta latihan yang butuh beban) biar urat berotot dikit (asal jangan over) butuh schedule dalam training (bisa konsul) dulu keinstruktur apa yang baik untuk kamu?

Latihan: Nge-gym jalan, latihan dilapangan juga! cocok deh tuk tingkatin skill balance kamu.

Lompatan/Jumping

Kamu bisa belajar melompat untuk menghalau laju bola (passing/crossing) lawan. memang tidak ada yang tahu kecepatan bola saat melayang? bola itu bundar dan cepat! yang pasti posisi paling baik itu dimana bola berpeluang dihalau dengan kepala saat melompat. semakin skill kamu bagus dilompatan apalagi yang tinggi diatas (180-an), terus ditingkatkan lagi! semua ini berguna segala posisi terutama bagi Penyerang dan Pemain bertahan. bila kamu baik dilompatan skill sundulan (Heading) tidak sulit didapatkan. contoh pemain mengandalkan Heading: Oliver BierhoffMarco MaterazziJan Koller.

Sundulan/Heading

Sundulan/menyundul penting dalam sepakbola. dalam antisipasi ada berbagai cara salah satunya ini, bisa dilakukan pas Jumping! (lebih bagus lagi). variasi jenis sundulan banyak sekali ada yang untuk mencetak gol, menghalau bola tinggi bahkan membuat bola out,dll kamu bisa mengambil keputusan apapun itu? yang terpenting demi memutus serangan lawan! asalkan heading ini tidak secara sengaja dipakai menyakiti. sebagai contoh itu di Final Piala Dunia tahun 2006, Zinédine Zidane yang sengaja menyundul badan Marco Materazzi menanggap Materazzi menghina keluarganya! Zidane panas lalu menanduk bagai banteng! setelah sebelumnya sempat debat panas. yang salah jelas yah Materazzi ini namanya memancing emosi lawan! usahain jangan pernah ikuti contoh buruk Materazzi ya?

Konsentrasi/Fokus

Konsentrasi adalah hal paling penting dalam bidang apapun bukan hanya sepak bola! Tenis, Driving, dan bidang profesi yang membutuhkan konsentrasi tinggi. dalam dunia Sulap sangat butuh ini, untuk membuat decak kagum penonton membengkokan Sendok (dengan skill Telekinesis), bukan perkara mudah. begitu juga ketika bertanding tidak fokus memperhatikan laju bola dibawa lawan tentu akan menjadi makan empuk bagi lawan.

Ga mau dong kiper kebobolan terus sebabnya itu Bek harus fokus (lebih bagus selama pertandingan berlangsung). kamu bisa lihat dari pertandingan Level tinggi baik negeri sendiri maupun luar negeri, kebanyakan Bek main bagus Fokus. prinsipnya jangan sampai bisa ketembus! kamu juga bisa punya “Prinsip” sendiri demi menjaga pertahanan! prinsip dapat dikategorikan sebagai Tekad kuat.

Ketengangan/Kesabaran

Ada pemain yang gradak-gruduk macam Edgar DavidsGennaro GattusoThomas Gravesen,dll tapi mereka juga punya kesabaran dan ketenangan saat main. gaya boleh Sangar! Garang! tenang & sabar itu kudu wajib. tenang & sabar bisa kamu peroleh (salah satunya) pembelajaran Religi, Meditasi atau mengikuti panutan seseorang. kalau yang ini bukan latihan fisik masuknya ke diri (Mental) justru ini bagus untuk pribadi dilapangan. orang tenang & sabar (biasanya) dianggap orang dapat dipercaya di banding orang yang Koar-koar (tergantung!).

Seorang Kapten tim (contoh yang ada) manager/pelatih cenderung milih orang sabar, bisa mengatur tim dengan ketenangannya. bila tenang & sabar dipakai bertanding tambah klop dah! gimana enggak ada pemain sengaja main kotor kamu gak kepancing emosi! ini bagus demi tim daripada dapat kartu merah malah merugikan tim dong? ada pemain ngotot “Dari tadi ni” kamu sabar Istighfar tetap fokus dalam pertandingan. sikap tenang & sabar malah bisa melepakan dari sifat pendendam loh jadi kamu bisa fair play sama pemain lawan walaupun sekesel apapun kamu menilainya.

Keputusan/Ketegasan Hati

Prabowo tegas, Mega juga! Ahok apalagi (rajanya tegas). 3 politikus kita punya sikap tegas padahal bukan pemain bola, kamu juga bisa memiliki sikap tegas (tapi jangan terlalu tegas) ujungnya apatis, dan tidak peka sama lingkungan. tegas boleh saat mantap (punya keputusan) melakukan yang benar khususnya jaga wilayah pertahanan. Bek yang baik tahu kapan ia mundur/maju bila memungkinkan menyerang meski efek buruk (entah itu kebobolan) karena serangan balik lawan. baginya sudah beri keputusan terbaik dilakukan! pemain berani ambil keputusan dia juga harus berani ambil resiko pula baik atau buruknya dan jangan pernah menyesali.

Latihan: Coba berpikir cepat (berapa detik) mengambil keputusan dan terapkan cepat dari apa yang kamu mau lakukan. dengan berpikir seperti ini ketika kamu bermain dilevel cepat kamu sudah biasa.

Tekad/Ketetapan

Tekad adalah hal biasa didengar dalam kehidupan manusia apabila seseorang bertekad untuk meraih yang dimau (ditambah mental juara + gak gampang nyerah) tak jarang kelak mendapatkan apa yang diimpikan! seseorang bertekad kuat punya ambisi yang tinggi, bila dia memiliki ambisi target akan dibidik dan berusaha mewujudkannya. orang model gini bagus! hanya jangan terlalu ambisi kadang tidak semua yang kamu mau bisa didapatkan! tidak semuanya.

Biar kata Messi akhirnya menerima kenyataan pahit difinal Piala Dunia 2014 kalah oleh Jerman. jadi yang realistis saja (sesuai kemampuan kamu bisa). jangan mencoba melebihi impian bila tidak punya kemampuan yang ada! ingat kemampuan yang utama dan untuk memaksimalkan kemampuanmu itu butuh tekad kuat dan ketetapan hati bahwa mampu meraih yang kamu bisa! bila itu memungkinkan kamu dapatkan WHY NOT?

Latihan: Belajar bertekad bahwa dipertandingan nanti akan begini-gini? (yang positif) bagi kamu dan tim dan bertekad tak akan melakukan perbuatan buruk. terus bertekad dalam hati, kelamaan kamu sudah punya kuat yang baik untuk kamu maupun tim.

Strength/Kekuatan Diri

Tanpa kekuatan diri orang bisa tak PD boro-boro punya Influence atau mudah kerjasama tim? mas Budi aja (Budi Anduk maksudnya) pak Narji (ampun ya) tampang Oke, Body gimana gitu hehe punya rasa PD…masa kamu kagak? PD dong bangkitkan kekuatan diri! situasi apa, ditempat buruk apapun jangalah lupa siapa dirimu…darimana asalmu? (ini apa lagi hehe).

Kekuatan juga bisa dinilai dari fisik dan mental dari fisik tentu bisa ditingkatkan melalui latihan Gym atau kegiatan olah raga sehatkan tubuhmu. dari mental harus banyak belajar dari buku, pengalaman yang membuat kamu kuat (hasil gemblengan takdir Tuhan) yang mau manusia belajar dari kesalahan kita. nah jaman sekarang belajar gini-gini  (asal ada duit) mudah! dipinggir jalan ada tempat Fitnes, di Mall-mall ada toko buku….tinggal tingkatin lagi fisik serta mental kamu sesuai kebutuhan kamu.

Latihan: Belajarlah untuk menyingkirkan pikiran “Bahwa Kamu Gak Mampu” pasti bisa belajar pelan pelan, pemain bola kan (udah kayak Selebritis) kamu harus bisa jawab pertanyaan wartawan yang di ajukan? kalo ga PD…..MEMBLE!!!!! belajar berani, “Yakin” aja nanti kekuatan diri praktis terbuka.

Influence/Pengaruh 

Orang punya influence tinggi tentu meningkatkan segi positif rekan tim khususnya kemajuan pemain yang melihat contoh baik darimu. yang dimaksud pengaruh disini adalah kamu punya pengaruh bagi tim, kamu punya sesuatu (entah Ide, Gaya Bermain,dll) sehingga orang mau menerima. di Timnas kita (Indonesia) dulu sebelum diboikot FIFA, orang punya influence (salah satunya) Firman Utina ia selain Kapten Tim, punya pengaruh dalam menyemangati moral. banyaknya pemain meski ia bukan Kapten tentu sangat baik bagi tim. kamu juga bisa kok asal mampu memberikan pengaruh bagi orang banyak! (keegoisan tentu mesti diskingkirkan) terlebih dahulu.

Latihan: Belajar punya pengaruh tidak hanya dibidang sepakbola saja, melainkan kursus kepribadian (sudah merebak dijabotabek). ada John Robert PowersDuta Bangsa ,dll yang mengajarkan: Public speaking, Public relations, Leadership (more) berguna meningkatkan kepribadian diri kita loh.

Work Rate/Kerjasama Tim

Pemain egois atau pemalu tentu kurang mengenali ini, padahal kerjasama diperlukan bagi sepakbola modern loh. jaman dulu orang maen bola individual sekarang maen tim, egois tentu merugikan tim. contohnya Mario Balotelli! apa2 dulu marah, gak dikasih umpan marah! kalah marah! mirip Donal Bebek. Balotelli pasti dijelekin lah sama pemaen tim dibelakang cuma kagak enak didepan! ntar kena semprot lagi….orang pada sabar karena dia pemain notabenya “Penting” iyalah Inter Milan, MU City sekarang (2015) Liverpool sebelumnya pernah maen di AC Milan. karena ngerasa penting makannya nih orang bertingkah! en saking kaga kuat lagi Manager saat itu Roberto Mancini, terpaksa lepas dia ke AC Milan! mungkin disini (sadar) selain berumur. nah sekarang dia udah sedikit ga banyak gaya!

Kamu tidak perlu jadi Balotelli kalau gak mau dibenci pemain, cukup jadi pemain yang baik dan mau kerja sama sama siapapun ditim? jangan sombong….Mbah Pitung tanpa jimat kagak kebal ditembak kompeni yang tandanya orang kira dia sakti, padahal ada yang lebih sakti lagi (yaitu Tuhan). nah jadi lah pribadi membumi tidak sombong, sering Blusukan..lah itu sih Jokowi! maksudnya bisa berteman dengan siapa saja ditim.

Latihan: Belajarlah menerima aturan tim dan mencoba mematuhinya, meski kamu gimana gitu? yang penting jangan egois, jadi pribadi menyebalkan, malah bisa merugikan tim kamu sendiri.

Menempatkan/Mengatur Posisi

Sebagai pemain belakang yang baik, selalu bisa menempatkan posisi yang tepat dalam menjaga area nya, agar siap antisipasi bila lawan menyerang! memang Bek eropa Paling Benci sama pemain cepet macam Amerika latin, kerap kali merepotkan bek-bek Eropa yang gak begitu gesit meski kuat. untuk itu butuh konsentrasi banget coy! biarkan saja pemain itu skill sprint-nya (99) merah kayak di PES! tunjukan bahwa kita bisa juga tuh merepotkan aksi-aksi mereka. Neymar JR VS Mertesacker, ini sih bisa dibilang Beknya kurang gesit apalagi dia tinggi! tapi kalo Neymar terusan dicovering pasti kesel juga lah! tidak leluasa membobol gawang Jerman.

Kamu pasti bisa seperti itu biar kamu tidak gesit (badan sterek gede!), bukan masalah yang penting itu bisa tepat menempatkan posisi. jadi biar ketemu model pemain macem Neymar! dia pasti mikir “Nih orang kacau juga ya…daris tadi!”. tunjukan juga bahwa ga lincah tidak bagus! (ya ini salah) bagi rata-rata Manager Eropa justru model begini dibutuhkan lini belakang. masak harus jadi Jackie Chan dulu sih biar lincah?

Latihan: Carilah posisi tepat diarea pertahanan kamu, yang kira2 jarak bagus untuk cepat sampai ke gawang! jangan terlalu jauh dari gawang kita. kecuali tim lagi nyerang dan butuh perkiraan tepat pula bila kamu mau maju dan cepat mundur ketika ada serangan balik. jangan seudelnya saja penempatan posisi sangat penting bagi Bek yang tidak mau….gawang temen kita kebobolan terus!

Stamina

Stamina itu penting! gimana mau maen 90 menit baru menit 70 udah loyok capek deh! untuk dapat skill stamina bisa diolah dengan Fitnes, Jogging bahkan Aeorbik,dll. kebanyakan tim dieropa punya itu ada Gym tersendiri (Real Madirid) contohnya fatilitas gym “Super Keren” ada Instrukturnya pula jadi ga ada cerita menyedihkan pemain cedera pas lagi latihan semua diadakan demi kepentingan tim bukan demi kepentingan “Buat Papa Mana?”. kasihan dunk pemain harusnya lebih baik malah dapat fasilitas seadanya untuk itu Managerial Klub (Bukan Nuduh Maaf) berikan terbaik bagi tim meski itu mahal harganya (karena demi kepentingan anda-anda juga) yang memetik hasilnya kelak.

Bukan masalah “Rugi Bandar” sediain alat gym lengkap buat pemaen. emang tempat Fitnes?…tempat fitnes aja bayar…yah itu orang kadang-kadang (maaf) kebanyakan untuk apa? buat apa? (ini salah) berikan yang terbaik demi orang banyak (biar ga ada untung) belajarlah untuk bisa membuat orang menjadi lebih baik daripada kita! dengan begitu kita termasuk orang-orang membangun dunia ini, bukan sebaliknya merusak (Tuhan membenci para perusak dunia) tetapi keikhlasan dihati.

Fasilitas fitnes pemain paling berapa? 100-150 juta (bahkan Genoa Klub Serie A) punya fasilitas gym bagus. justru pemain pakai fasilitas itu stamina dan daya tahan tubuh meningkat! terus bagus dong untuk tim! daripada tidak punya fatilitas, pemain skill gitu-gitu doang (tidak ningkat). ada kesalahan, yang disalahkan pemainnya “Begok Kau”. padahal yang salah ya Managerialnya kenapa LitPe (Pelit)! kasih fasilitas? bagi football player, penyuka sepakbola, salah skill stamina dianggap belakangan ada keinginan meningkatkan stamina itu hal luar biasa bagus! karena efeknya baik untuk pertandingan! jadi tingkatkan stamina setinggi-tingginya demi kamu juga kan?

Latihan: Meningkatkan skill stamina gak harus mahal dong! alat murah tapi bagus adalah Treadmill, berlatilah terus (ini juga bisa mengurangi lemak) dan alat2 terjangkau lain tersedia di toko olah raga untuk meningkatkan skill stamina (umpama gak ada fasilitas yang memadai) modal dikit, duit sendiri kenapa ragu dikeluarkan?

Kesimpulan Akhir

Skill adalah kemampuan seseorang untuk bertahan hidup didunia ini, tanpa skill tentu seseorang ter saingi atau digantikan oleh seorang lainnya punya skill yang dibutuhkan. ada anggapan “Dunia tidak butuh orang gagal” (sebenarnya salah) orang gagal juga manusia! dan manusia itu yang bekerja dari skillnya untuk mendapatkan (Upah, Gaji, Bayaran,dll). bila seseorang mempunyai skill buruk (maaf) tak jarang dipakai ditempat bawah (begitu sebaliknya). jadi dituntut “Meningkatkan skill” agar hidup kamu bisa lebih bagus dan supaya kamu nanti bisa ditempatkan ke tempat yang lebih baik…amin.

**********************************

Oke sekian post ini semoga bisa membantu bagi yang mau meningkatkan skill defender kamu. jangan lupa lihat post lainnya di: https://wildanrenaldi.wordpress.com thank you.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tentang wildanrenaldi

Hi Friend Welcome, thank to visit this Blog, enjoy yourself to Read Post or Comment, Please Enjoy, Thank You.
Pos ini dipublikasikan di Sepak Bola dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Tips Pemain Belakang Gerard Pique

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s