Tips Melukis Ala Leonardo Da Vinci

old-man-leonardo-da-vinci-hd-wallpaper-background-picture-free-download

Leonardo Da Vinci dikenal dunia sebagai Pelukis Handal, karyanya banyak dipuji dan dihargai orang jaman modern. kini dia ingin membagi tips buat kamu, dari sudut pandangnya dan dari pemikirannya. berikut membahas tuntas ajaran sang “Master” Leonardo Da Vinci.

Cat: Hanya menampilkan tips bukan teknik melukis/belajar melukis, semoga berguna.

Lukisan dibawah ini adalah karya lukisan terkenal Leonardo Da Vinci:

Klik/Open Tab untuk memperbesar

Leonardo Da Vinci Paintings

  1. Mona Lisa
  2. The Last Supper
  3. Madonna Litta
  4. Lady with an Ermine
  5. La belle ferronnière
  6. The Madonna of the Yarnwinder
  7. The Virgin and Child with St. Anne
  8. Portrait of a man in red chalk

Tips-tips Melukis Leonardo Da Vinci

Tips Pertama:

Banyak mereka yang memiliki rasa dan cinta dalam menggambar, tetapi tidak ada bakat dan ini bisa dilihat oleh anak laki-laki yang tidak rajin dan ia tidak pernah menyelesaikan gambarnya dengan shading (teknik bayang-bayang yang dihasilkan warna dari gelap ke cerah)

Tips Kedua:

Pemula harus belajar perspektif dan proporsi benda. Kemudian mengkopi beberapa gambar yang baik, dengan membiasakan diri dalam bentuk halus. kemudian dari alam, untuk mengkonfirmasi dengan praktek aturan yang dipelajari dan juga melihat karya-karya lukisan para master (guru, guru pelukis,dll) dan kebiasaan menempatkan seni dalam prakteknya dan maupun pekerjaannya.

Tips Ketiga (Belajar Draw):

Draw: membuat garis dan tanda, terutama dengan pena atau pensil, di atas kertas.

Cara drawing pertama belajar dari pelukis handal lakukan. dari karya seni dan dari alam (bukan dari memori kita) dan lalu kemudian Plastic Work (membuat karya seni dari bahan plastik). dengan cara itu dan model alam yang baik dan harus ditempatkan dalam praktek.

“Murid yang kurang disiplin dia tidak akan unggul dari masternya (Guru, pengajar sekolah lukis,dll)”

Tips Keempat

Melatih tangan dan juga menyalin gambar dari master (guru pelukis) yang baik, setelah bisa memperaktekan dari bimbingan master (guru pelukis). latihan berikutnya harus mengambar sebuah objek dengan bantuan gaya yang baik oleh master (guru pelukis) dan selalu mengikuti aturan yang diberikannya.

Tips Kelima

Pelukis harus akrab dengan sifat otot dan tendon dalam gerakannya untuk menunjang anggota badan. berapa otot bisa menyebabkan pembengkakan, menyebabkan kontraksi dan berkembangnya menjadi tulang rawan dengan demikian berbagai cara dan terus-menerus memakai otot berbeda dengan berbagai gambar. dari banyak gerakan, masih menampilkan hal yang sama di lengan, punggung, payudara dan kaki dan hal ini tidak dianggap sebagai kesalahan kecil. 

Tips Keenam

Kita tahu pasti bahwa penglihatan adalah salah satu tindakan yang paling cepat kita dapat lakukan. dalam sekejap kita melihat jumlah tak terbatas dari berbagai bentuk. jadi saya katakan kepada anda alam meminta untuk mengajar seni ini, jika anda ingin memiliki pengetahuan tentang bentuk-bentuk benda mulai dengan rincian dari mereka dan tidak melanjutkan ke [langkah] kedua sampai memiliki kemampuan yang pertama, tetap dalam memori dan praktek. (jika Anda melakukannya) dapat membuang waktu anda tentu memperpanjang dalam studi. ingat peroleh ketekunan daripada kecepatan.

“Dalam kamar ukuran studio. Kamar yang kecil (tempat) itu mendisiplinkan pikiran, yang ter/besar melemahkannya”

Tips Ketujuh 

Seorang pelukis membutuhkan perhitungan (matematika) dalam melukis otaknya harus mudah terkesan dengan berbagai benda, yang berturut-turut datang didepannya dan bebas dari kekuatiran ketika mempertimbangkan dan menentukan subjek pertama atau subjek kedua (campur). seperti yang yang terjadi ketika benda menempati pikirannya maka harus memutuskan mengikutinya sampai menjadi cukup jelas. atas semuanya ia harus menjaga pikirannya sejelas permukaan cermin mengasumsikan dari berbagai warna objek berbeda.

Tips Kedelapan 

Saya katakan dan bersikeras bahwa menggambar di Company (Kumpulan pelukis, Sekolah Lukis), jauh lebih baik daripada sendiri. karena berbagai alasan. yang pertama adalah bahwa anda akan malu untuk dilihat dan rasa malu akan membawa kearah penelitian cermat dan kedua persaingan sehat akan merangsang untuk berada diantara mereka yang lebih memuji dari diri sendiri, dan pujian orang lain akan memacu anda. lain hal bila belajar sendiri dari gambar lain dan jika anda lebih baik dari mereka, anda dapat keuntungan dengan penghinaan mereka dari kecacatan mereka. sementara pujian dari orang lain akan mendorong anda untuk lebih baik lagi.

Tips Kesembilan

Saya sendiri telah membuktikannya ketika di tempat tidur dalam keadaan gelap, mengingat rincian eksternal dalam bentuk subjek dari pembelajaran sebelumnya atau hal-hal penting lainnya yang dikandung oleh pemikiran tajam. ini tentu latihan mengagumkan dan berguna, mengesankan sesuatu hal kepada memori kita.

“Ketika Drawing berhati-hati untuk mengatur garis pokok yang harus Anda amati dari seluruh obyek yang Anda gambar setiap hal harus ditanggung ada kaitannya dengan arah garis pokok ini”

Tips Kesepuluh

Guru yang baik harus berani membual bahwa dia bisa mengingat semua bentuk dan efek alam pasti. bagi saya mereka menghiasi dengan kebodohan ekstrim, karena efek ini tidak terbatas dalam ingatan kita tidak cukup luas untuk mempertahankan itu. oleh karena itu pelukis, berhati-hatilah jangan sampai ada nafsu keuntungan (bekerja demi uang dan untung) anda harus menggantikannya dalam martabat seni. akuisisi kemuliaan adalah hal yang jauh lebih besar daripada kemuliaan kekayaan.

Oleh karena itu dan alasan lain yang mungkin diberikan, pertama berusaha dalam menggambar adalah mewakili niat anda untuk bentuk-bentuk yang ekspresif ide awalnya dibentuk dalam imajinasi. menempatkannya secara dalam, sampai anda berpuas diri. berhati-hati pada dimensi dan ukuran, sebagaimana ditentukan perspektif, tidak ada yang tersisa dalam pekerjaan yang tidak selaras dengan alasan dan efek alam dan ini akan menjadi cara untuk memenangkan kehormatan dalam seni Anda.

Tips Kesebelas 

Ini adalah cara mudah bagi orang untuk memperoleh universalitas, dalam semua hewan darat mirip satu sama lain dalam anggota badan mereka, otot tulang mereka tidak berbeda kecuali panjangnya atau ketebalannya. dapat dilihat dari  Anatomi tubuh. kemudian ada hewan air dari berbagai bentuk. saya tidak akan mencoba meyakinkan pelukis aturan untuk mereka, karena mereka dalam berbagai bentuk tak terbatas, begitu juga dalam serangga.

Tips Kedua belas

Pikiran pelukis harus menyerupai cermin, yang selalu mengambil warna dari objek dan benar-benar menggambar banyak objek seperti di depannya. oleh karena itu anda harus tahu, bahwa anda tidak bisa menjadi baik jika anda tidak menguasai universal tuk mewakili seni anda. setiap jenis bentuk dihasilkan oleh alam dan anda tidak akan tahu bagaimana melakukannya jika Anda tak melihat dalam dari mereka, mempertahankan mereka dalam pikiran. oleh karena itu saat pergi melewati ladang, mengalihkan perhatian ke berbagai objek, pada gilirannya melihat hal ini dan saat itu. tapi jangan lakukan seperti berapa pelukis yang ketika mereka letih telah mengabaikan pekerjaan dalam pikirannya dan relaksasi diri, mereka masih menyimpan kelelahan di pikiran mereka yang meskipun melihat berbagai objek [sekitar mereka], tetapi tidak mau menangkap mereka.

“Mengapa lukisan terlihat lebih benar/tepat didalam cermin, daripada diluar itu?”

Tips Ketiga belas

Cahaya menggambar dari alam, datang dari arah Utara hal itu mungkin tidak bervariasi dan jika Anda memilih dari Selatan anda harus menyaring jendela dengan kain, sehingga matahari bersinar sepanjang hari cahaya mungkin tidak bervariasi. ketinggian cahaya harus diatur sedemikian rupa bahwa setiap benda akan menampilkan bayangan atas dasar panjang  yang sama. sebuah benda akan menampilkan perbedaan terbesar dari cahaya dan bayangan bila dilihat dalam cahaya terang oleh sinar matahari ataupun pada malam hari, dengan cahaya api.

Sebuah objek akan terlihat dalam sedikit berbeda menampilkan cahaya dan bayangan dan adalah hal biasa menjelang malam atau ketika hari berawan, terlalu banyak cahaya memberikan kesan kasar, terlalu sedikit mencegah pandangan (Medium terbaik) sekali lagi, lampu (minyak) ditempatkan dari jendela kecil dan memberikan perbedaan yang kuat cahaya dan bayangan. seluruh ruangan diterangi oleh cahaya banyak ini tidak baik bagi lukisan.

Tips Keempat belas

Tentu saja seorang pelukis ia seharusnya tidak menyerah mendengar setiap pendapat. Karena kita tahu betul bahwa seorang meski dia mungkin tidak menjadi pelukis, tetapi akrab dengan bentuk dan mampu menilai apa atau seperti yang kita diketahui dia kompeten untuk menilai karya-karya alami. seharusnya kita mengakui bahwa mereka (orang lain), menilai  kesalahan kita, karena anda tahu berapa banyak orang yang “mungkin” tertipu dalam karyanya sendiri.

Jika anda tidak sadar hal ini dalam diri anda, untuk mempelajarinya dari orang lain anda tak mendapat keuntungan dengan penilaian mereka. oleh karena  itu begitu penasaran mendengar dengan sabar pendapat orang lain, mempertimbangkan dan menimbangnya secara baik. apakah mereka telah
menemukan kesalahan kita atau mereka tidak mau menyalahkannya? jika demikian anda bisa mengubahnya. tetapi jika seolah-olah  tidak mendengar atau menunjukkan sebuah argumen itu adalah sebuah kesalahan.

Tips Kelima belas (Belajar Bentuk Wajah) 

Jika Anda ingin mengingat ekspresi wajah, pertama buat diri Anda terbiasa dengan berbagai bentuk wajah, kepala, mata, hidung, mulut, dagu, pipi dan leher, bahu dan Hidung. Hidung ada 10 jenis: lurus, bulat, berongga, yang menonjol keatas, kebawah tengah, bengkok, bentuk biasa, datar, bulat atau runcing. anda akan menemukan kesamaan dalam rincian lain, yang harus Di drawing dari alam dan memperbaikinya dalam pikiran anda atau ketika harus menggambar wajah dengan hati dan membawa sebuah buku kecil di mana bisa mencatatnya dan ketika telah menjatuhkan pilihan pada wajah orang yang menarik, anda dapat melihat secara pribadi, dari hidung atau mulutnya untuk digambar.

“Seorang pelukis tidak tahu bagaimana membuat perhitungan, anda seperti seorang orator yang tahu tidak bagaimana menggunakan kata-katanya”

Tips Keenam belas (Menggambar Hewan)

Untuk menggambar hewan secara imajiner. anda tahu bahwa tidak dapat menemukan hewan tanpa anggota badan masing-masing yang ada dalam dirinya sendiri harus mirip dengan beberapa hewan lainnya oleh karena itu jika Anda ingin membuat binatang, dibayangkan oleh anda, muncul alami. contoh menggambar Naga untuk kepalanya itu dari hewan anjing, dengan matanya dari mata kucing, telinganya landak-hidung anjing greyhound, alis singa, ayam dan leher kura-kura air. harus ada kesamaan dengan hewan lain.

“Titik harus terlihat pada tingkat mata seorang manusia biasa, dan batas terjauh dari dataran sampai menyentuh batas langit, pada tingkat garis dimana bumi dan langit bertemu. kecuali pegunungan”

Tips Ketujuh belas

Saat Membuat pekerjaan anda tuk melaksanakan tujuan dan makna. ketika menggambar seseorang sosok pertimbangkan siapa dan kenapa anda ingin melakukannya? Ketika mengambarkan orang tua dan pemuda, yang muda harus dibuat lebih energik dalam proporsi, karena dia lebih kuat dari yang tua. begitu dengan cara yang sama dengan seorang pemuda dan seorang bayi.

Tips Kedelapan belas 

Mata disebut jendela jiwa, adalah sarana utama dimana arti pusat dapat paling lengkap dan berlimpah menghargai karya tidak terbatas alam dan telinga adalah kedua, yang memperoleh martabat oleh pendengaran dari mata. jika anda sejarawan  atau  penyair atau matematikawan tetapi tidak melihat sesuatu dengan mata anda dan tidak dapat melaporkan mereka secara tertulis. dan jika anda penyair yang dapat bercerita dengan pena, pelukis dengan kuasnya.

Meskipun penyair sebebas dari pelukis dalam penemuan fiksinya mereka tak begitu memuaskan bagai lukisan. meskipun puisi mampu menjelaskan bentuk, tindakan dan tempat-tempat dengan kata tetapi pelukis berkaitan dengan perumpamaan sebenarnya dari bentuk dalam hal untuk mewakili mereka. sekarang katakan ini lebih dekat kepada orang yang sebenarnya. nama atau gambar, pria dan wanita berbeda di negara yang berbeda, tapi wujudnya tidak pernah berubah, kecuali dengan kematiannya.

“Drawing pertama sangat mudah adalah garis sederhana yang ditarik oleh putaran, dari bayangan seorang pria yang dilemparkan oleh matahari ke dinding”

Tips Kesembilan belas 

Jika penyair bisa memuaskan rasa dengan telinga, pelukis melakukannya dengan matanya. tapi saya dapat mengatakannya tidak lebih dari ini, jika seorang pelukis menggambarkan kedahsyatan dalam sebuah pertempuran. jika seorang penyair menggambarkan dimana sebagian besar penonton akan berhenti dan mereka akan membayar perhatian yang besar, dimana mereka akan memberikan pujian, dan akan memuaskan mereka dari yang terbaik. tidak diragukan lagi lukisan jauh lebih dimengerti dan indah, lukisan memahami sendiri semua bentuk alam, sementara penyair punya kata-kata yang tak universal sebagai bentuk dan penyair menggambarkan keindahan seorang wanita untuk kekasihnya, tetapi pelukis mewakilinya.

Dan jika seorang penyair mengatakan: “Saya akan menciptakan sebuah fiksi dengan tujuan yang sangat besar” pelukis dapat melakukan hal yang sama, jika anda mengatakan puisi itu lebih kekal, saya mengatakan karya-karya yang lebih jauh kekal, menjaga waktu mereka lebih lama dari suatu karya dan gambar, jika puisi dengan filsafat moral, melukis dengan filsafat alam. jika Puisi menggambarkan tindakan pikiran, lukisan menganggap pikiran dapat mempengaruhi gerakan [tubuh]. jika puisi dapat menakut-nakuti orang dengan fiksi yang mengerikan, lukisan melakukannya dengan menggambarkan hal yang sama.

Tips Kedua puluh

Saya sendiri, setelah melatih diri tidak kurang dari pemahat dari pada pelukis dan saya telah melakukan keduanya. dan yang lainnya di tingkat yang sama tampaknya bagi saya bahwa saya bisa melakukannya dan tanpa harus invidiousness (komentar menyakitkan hati. ofensif atau tidak adil diskriminasi atau dari perbandingan merugikan, menyebabkan cenderung menyebabkan permusuhan dan kebencian iri hati suatu menyakitkan hati) mengucapkan pendapat kedua adalah dari manfaat terbesar dan kesulitan dan kesempurnaan.

Pematung ketika menggunakan perspektif tidak bisa membuatnya dengan cara apapun bahwa melukis seolah bisa muncul seperti seratus mil di luar gambarnya sendiri. karya-karya mereka itu tak memiliki perspektif udara apapun, mereka tak dapat mewakili tubuh yang transparan. mereka tidak dapat mewakili tubuh yang bercahaya, juga tercermin dilampu atau badan berkilau sebagai cermin dan permukaan dipoles seperti kabut, atau langit gelap jumlah yang tidak terbatas. meski mereka telah memiliki resistensi (menunjukan posisi sebuah sikap untuk berperilaku bertahan, berusaha melawan, menentang atau upaya oposisi pada umumnya sikap ini tidak berdasarkan atau merujuk pada paham yang jelas).

Tips Kedua satu

Kita tahu betul bahwa seorang pelukis yang benar-benar berpengalaman dan baik tidak akan membuat kesalahan seperti dan sebaliknya membawa karya ke masalah yang baik. pematung jika bekerja di tanah liat atau lilin, dapat menambahkannya. Oleh karena itu lukisan dapat ditambahkan atau diubah dari menyerupai patung perunggu. saya telah berbicara tentangnya dan mengatakan lukisan adalah lebih indah dan lebih imajinatif dan lebih berlebihan, sedangkan patung lebih tahan lama tapi memiliki makna apa-apa lagi. patung menunjukkan sedikit tenaga kerja, di lukisan muncul hal ajaib untuk dilakukan. untuk membuat apa yang muncul objek yang jauh tampak dekat. bahkan lukisan dihiasi dengan kemungkinan tidak terbatas dan patung tidak dapat diperintah.

“Pelukis berusaha/berjuang dan bersaing dengan alam”

Tips Kedua dua

Begitu penyair berhenti untuk mengambarkan kata-katanya, ia sebenarnya berhenti menyerupai pelukis. dan jika seorang penyair meninggalkan hal tersebut dan ia menggambarkan pidato berbunga-bunga serta menyanjung sosok dan ia ingin membuat pembicaranya sangat terkesan, dia kemudian menjadi seorang orator dan tidak lagi menjadi penyair atau pelukis. jika berbicara tentang langit menjadi seorang peramal dan filsuf. tetapi jika ia membatasi dirinya dengan deskripsi benda akan masuk kedaftar pelukis, jika dengan kata-kata yang bisa memuaskan mata, sebagai seorang pelukis ia tidak bisa.

Tips Kedua tiga

Meskipun Anda mungkin dapat memberitahu atau menulis deskripsi yang tepat dalam bentuk, pelukis dapat menggambarkan mereka akan muncul dari bayanganan dan cahaya yang menunjukkan ekspresi wajah, yang Anda tak dapat mencapai dengan pena sekalipun. meski dapat dicapai dengan sikat.

Tips Kedua Empat

Oleh karena itu pelukis akan menghasilkan gambar merit (kualitas yang sangat baik atau layak, terutama sehingga layak pujian atau penghargaan) jika dia mengambil dari standar gambar orang lain. tetapi jika dia akan belajar dari bendaalam ia akan menghasilkan buah yang baik. seperti yang terlihat di pelukis setelah Roma yang selalu ditiru oleh satu sama lain dan terus menurun zaman ke zaman. Setelah ini, datang Giotto Florentine, dia yang tidak puas meniru karya Cimabue tuannya. dia lahir di pegunungan dan di kesendirian hanya dihuni oleh kambing dan binatang dan dipandu oleh alam untuk berseni, ia mulai dengan menggambarkan pada batu. dan dengan demikian dia bijaksana sehingga setelah banyak belajar dia unggul tidak hanya dari semua master, tapi dari semua orang dari berbagai usia lampau.

Setelah itu seni ini menurun lagi, karena semua orang meniru gambar yang sudah dilakukannya. dari waktu abad ke abad sampai lahirrnya Tomaso, Florence, yang dijuluki Masaccio. dia telah Menunjukan karya-karya yang sempurna bagaimana mereka yang mengambil standarnya dan saya akan mengatakan tentang studi matematikanya dan bahwa mereka yang hanya mempelajari otoritas dan dari karya alam adalah keturunannya.

“Alam adalah guru yang paling terbaik”

**********************************

Sekianlah 24 tips Leonardo Da Vinci yang diambil dari Teks Notebook-nya semoga bisa berguna ya….sip deh. lihat lagi post di:

https://wildanrenaldi.wordpress.com, thank you, have a nice day.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tentang wildanrenaldi

Hi Friend Welcome, thank to visit this Blog, enjoy yourself to Read Post or Comment, Please Enjoy, Thank You.
Pos ini dipublikasikan di Sejarah, Tips Dan Trik dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Tips Melukis Ala Leonardo Da Vinci

  1. Inzanami berkata:

    yang lukisan monalisa itu kalo gak salah om da vinci butuh waktu 10 untuk menyempurnakannya?

  2. Abdurrohman berkata:

    menurut mas, gimana kalau lukisan tersebut di kolaborasikan dengan menempelkan kulit2 telur??

    • wildanrenaldi berkata:

      Itu juga boleh mas kreatif. tapi tips ini hanya menampilkan bagian penting saja bagus untuk pelukis karena dari catatan asli leonardo da vinci. maaf bukan menampilkan teknik melukis, hanya tips semoga berguna untuk melukis. thank.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s