Daftar Tokoh Sejarah Yang Berhasil Mengubah Dunia

Banyak orang yang berhasil mengubah dunia ini menjadi lebih baik, tetapi ada tokoh yang (sengaja atau tak sengaja) dalam tindakannya dan malah merubah dunia, juga merubah kehidupan yang ada dan aspeknya itu luas. siapakah tokoh-tokoh itu, ayo dibahas dibawah ini:

Nabi Muhammad (Saw)

Muhammad - White Circle

Tanpa ada kiprah dari Nabi Muhammad Saw, perubahan luas yang terjadi kepada dunia pasti berbeda, (khususnya bagi perkembangan Agama Islam dan juga aspek lain). meskipun dia meninggal tanpa melihat negara arab berjaya menaklukan negara-negara di semenanjung arab, juga negara lain dieropa (beberapa tahun setelah kematiannnya di 632 M). setidaknya dia adalah seorang pelopor, ibarat satu sumbu ke cabang sumbu lain, dia yang menyalakan sumbu pertama.

Kita lihat penjelasannya mengapa Muhammad begitu luar biasa? yaitu:

Sebelum penaklukan oleh pasukan arab, negara lain disemenanjung arab macam kerajaan Byzantine, Persia,dll mereka yang hidup terpecah-pecah punya kekuatan sendiri, tapi efek kesatuan negara arab saat ini belum ada dimasa itu. harus diingat pula banyak negara taklukan memeluk Agama Islam atau bahkan pula kerelaan sendiri. dari sini Agama Islam menyebar banyak keberbagai dunia, termasuk Indonesia.

Sebenarnya keluarbiasaan Nabi Muhammad, sama seperti Yesus Kristus dan Gautama Buddha (2 orang ini jangan dilupakan dalam sejarah) punya makna sendiri dalam merubah dunia. tetapi karena 2 orang ini bukan yang menggerakan “Militer” untuk perubahan melalui penaklukan (ini penting) jadi (maaf, bukan berarti) keduanya tidak bagus. melainkan orang lainnya yang menaklukan dan kebijakan orang lain melalui ajaran 2 orang ini, lalu terwujud.

Penaklukan Nabi Muhammad dimulai dari menyatukan Mekkah tahun 630 M, setelah Nabi Muhamad wafat lalu diteruskan sahabat Nabi (Abu Bakar, Umar Bin Khatab),dll yang bukan satu wilayah saja (nantinya) melainkan seluruh semenanjung arab. dari penaklukan ini lahir sebuah (perubahan) terhadap perjalanan sejarah dunia.

Bisa dibilang penaklukan ini merubah segalanya, bukan bagi umat Muslim saja, juga Kristen. contoh: saat Ratu Isabella (Spanyol) menaklukan Islam dikota Granada (abad 14an), sebagai basis Islam terbesar di Spanyol. dari kejadian ini (Isabella kokoh berkuasa) dan muncullah perubahan lain bagi sejarah dunia (juga hal besar) yaitu pengijinan bagi Christopher Columbus mencari benua baru (benua Amerika) melalui izin Ratu Isabella sendiri.

Sejarah mencatat tahun 1492, tidak jauh saat Granada Islam ditaklukan, Isabella dengan liku menaiki posisi Ratu Spanyol dan andaikata Isabella tak ditakdirkan untuk berkuasa,Columbus tidak akan menemukan benua baru (ratu lain mungkin tak mengijinkan). dan andaikata Juana (saingan Isabella) yang  menentang tidak berhasil untuk dikalahkan, pasti sejarah akan berubah drastis.

Sebagai tambahan (mungkin saja ini rumor): ratu Isabella menjual kalung mahalnya untuk biaya di ekspedisi Columbus. bisa dibilang hal yang sulit meminta izin ke ratu lain kemungkinan Columbus akan ditentang ataupun dianggap gila (bisa jadi). Isabella ini jelas mempunyai visi.

Intinya penaklukan oleh bangsa arab memiliki dampak yang sangat luas diperubahan dunia (dunia baru terbentuk disini) masa dimana perubahan lebih maju lagi (menuju sekarang). coba bayangkanlah tanpa adanya Nabi Muhammad, perubahan diprediksi sangat lambat bahkan tidak tentu arah.

Christopher Columbus

Christopher_Columbus

Namanya keren Christopher Columbus, kelahiran asal Genoa Oktober 1451 adalah penemu benua Amerika. tanpa dia Amerika Selatan,dll (mungkin) berubah tidak seperti sekarang ini, begitu pula sejarahnya.

Asal tahu “Pelaku Sejarah” ialah orang yang ditakdirkan. contohnya gini: bila pemahat (A) buat patung, ujungnya laku 20 juta rupiah dan diganti pemahat (B) yang paling banter cuma ratusan ribu aja. intinya haruslah A yang kudu membuat patung itu bukannya B (ini udah takdir) jadi bila ada orang lain (emang Benua Amerika) ditemuin juga, pasti sejarah (contoh) A tadi: yang harusnya 20 juta cuma ratusan ribu saja. begitu pula Columbus sejarah perjalanan Amerika Latin, dijamin ga mungkin kayak sekarang!!!

Begitu pula Amerika Serikat! sejarah pasti berubah (bila bukan Columbus) dan memang udah takdirnya milik Columbus. segala sumber pembantahan (Amerigo Vespucci) lah, nemuin Benua Amerika duluan, tetep aja dia itu ngak diriin Koloni yang bertahan lama, sampai negara Amerika Latin bisa memerdekakan dari Spanyol. ayo mau opo loe Vecpucci? karena Columbus kemudian Koloni Spanyol bisa didirikan. tanpa dia, buat apa diriin Koloni ditempat “Antah Berantah?”

Sekarang ditanya: Mau gak kemping ditempat banyak nyamuknya?

Jawabannya: Ngapain juga, buang-buang Autan/Soffel doang!!!

Pernah tahu kan siapa Simón Bolívar? dia itu adalah Sang Pembebas dari Amtan (Amerika Selatan) istilah (Amrik kan sudah ada). dia itu berjuang bebasin dari pemerintahan Spanyol (ini imbas) penemuan benua baru dari Columbus yang bertahan lama. kiprah Bolivar dimulai yaitu pembebasan Venezuela, Kolombia, Bolivia, Peru. kemudian dia jadi Presiden Kolombia Raya dan banyak negara yang mau lepas dari keinginannya. Bolivar yang tadinya itu “Orkay” terus jadi miskin gara2 Revolusi perjuangannnya.

Kesimpulan terbesar, biarpun dia (Geblek), kejam,dll realitanya ia seorang pengubah sejarah. dengan penemuan ini yang diexplore lalu diikuti Cortez dan Pizarro (nama depan: Hernán dan Francisco) 2 penemu benua lainnya (hebat) seperti Columbus. andaikan Columbus tak menemukan benua ini di 1492, lalu apa yang terjadi? Cortez pun ga tahu apakah itu Meksiko dan Hounduras dan Pizarro ga tahu namanya Peru? momennya itu ngepas, pas banget. ini disebabkan karena satu orang yaitu Columbus.

Cortez dan Pizarro sama-sama penakluk (Conquistador) dari Spanyol dan Columbus dapet restu Ratu Isabella. istilahnya Columbus baru yang laen. jadi yang meletakan batu pertama itu Columbus. kita ga usah membantah, soal moral banyak (orang tak bermoral) jadi pelaku sejarah (Hitler, Ivan The Terrible). yang terpenting ialah soal kiprah “Tanpa Dia” dan apa yang terjadi bila “Tanpa Dia?”  bayangkanlah bila semua tanpa Columbus?

Qín Shǐ Huáng – (Shih Huang Ti)

20141214081833_61262

Tanpa orang ini negara Cina (bukannya tidak akan lahir), melainkan lain tradisi budaya dan juga dari prestasi, seperti sekarang ini. orang ini yang mempersatukan Cina pertama kalinya dan Dinasti-nya bernama (Qin) lalu dari situ nama China pertama kali ada.

Dimasa sebelum dia, Cina belum bersatu (dan dengan Cina), sejarah dunia mendapatkan efek terbaik. mulai dari penciptaan Kertas (pertama), jalur sutera (perdangangan),dll. asal tahu saja Cina ialah salah satu dari negara yang berpengaruh terhadap perubahan sejarah dunia, ini tak akan terjadi bila tidak disatukan.

China

Kita lihat peta ini sebelum Cina disatukan, kerajaan laen pada “Mejeng” ga tentu arah, bertahun-tahun! coba lihat setelah disatuken Cina dalam satu kesatuan jadi negara hebat, karena Cina terus menciptakan budaya hingga berpengaruh kepada negara lain. dampak luas itu bisa dirasakan saat ini: dari Filosofi, Agama, Budaya, bahkan ke sistim pemerintahan,dll.

Adolf Hitler

2163985-adolf_hitler

Gak salah nih, orang bengis begini udah merubah dunia? eits jangan salah, penjelasannya didapat dijabarkan yaitu:

  1. Perdamaian panjang tercipta setelah kematiannya, dibanding masa sebelumnya perang terus terjadi, seakan dunia tidak menjadi damai. dia yang memulai Perang Dunia 2 dan dia pula yang telah mengakhiri perang. setelah ini banyak badan perdamaian dunia mulai terbentuk, termasuk juga PBB dan Nato. akhirnya dunia (biar masih ada perang), skalanya gak terlalu besar (kayak PD2) hingga kini.
  2. Harus diingat tanpa Hitler Nazi, negara Indonesia itu ga bakal dijajah Jepang. karena apa? penjajah Belanda, negaranya di jajah sama Nazi. biarpun Jepang kejam dan juga sekutu Jerman dan Italia, setidaknya hanya 3 1/2 tahun saja. setelah itu Indonesia bisa memerdekakan dari Jepang, hal yang sulit dimasa penjajahan Belanda. sedikit tambahan: Jerman sangat kuat dinegara Belanda (Operasi Market Garden) yang digadang jenderal Bernard Montgomery kandas dia pun lalu sesumbar bakal menang lawan Nazi sebelum hari Natal. tapi kenyataannya Nazi baru bisa keluar dari Belanda setelah perang dunia 2 berakhir. dan ini menguntungkan negara Indonesia, karena Belanda kehilangan suplai dari negaranya, mereka out dari Indonesia tahun 1942. selain melihat kuatnya pasukan Jepang.
  3. Efek berakhirnya Perang Dunia 2,  banyak tokoh dari negara dunia itu bermunculan, lalu bisa memberikan efek perubahan ke segala aspek. contohnya IR. Soekarno dan Charles de Gaulle (Prancis). 2 orang ini memajukan negara setelah perang dunia dan mereka berdua berjuang disaat perang dunia 2 berkobar. juga banyak tokoh lainnya yang kalau diteliti “Membawa Berkah” buatnya setelah PD2 berakhir. 

Jadi perubahan terjadi setelah PD2 berakhir, karena Hitler yang songong merobek perjanjian dengan Russia tahun 1939, kemudian meletusnya PD2. mau ga mau setelah perang usai efek perubahan dunia ya Hitler yang bikin (secara gak sengaja). dia mana mau mikirin perdamaian setelah dia mati? tapi perdamaian panjang tercipta (sampai sekarang), itu jelas tidak bakal terwujud bila tidak adanya Perang Dunia 2 yang kejam.

William The Conqueror (Sang Penakluk)

WTC

Percaya atau tidak? keturunan Kerajaan Inggris sekarang adalah keturuan orang ini, yang bahasa resmi Inggris dia ga bisa (tapi jadi raja Inggris) dan dia adalah orang asal Prancis, bukan Inggris asli. ya begitulah William si penakluk awalnya cuma penguasa Prancis, karena dia itu punya nyali gede makannya berani ngambil tahta jadi raja dan ujungnya berhasil.

Setelah doi bisa ngalahin Harold Godwinson dipertempuran Hastings yang berserjarah di 1066 (ini bukan nomor telp hotline), ngak syak lagi dia jadi raja Inggris. padahal (ga nyambung) raja Inggris ya Inggris, raja Prancis ya Prancis! kok bisa sih? kalo gitu raja Sriwijaya boleh dong jadi raja Inggris? ini jelas tambah ga nyambung lagi! William jelas sekali dia itu pewaris raja sebelumnya Edward (bukan yang maen Twilight) melainkan the Confessor.

Tapi Harold G, juga mengklaim tahta tersebut en jadilah perang. kalo kita berandai-andai William cs kalah di Hasting, tentu sejarah berubah. akan dipimpin oleh raja penuh ambisi, ya paling taraf begitu2 aja. Harold mang punya sosok figur kalah skill dari William dan emang William itu pantes bukan secara tampang (kayak Reality Show) tapi juga soal skill. jadi emang harus William yang megang, bukannya Harold.

Sayang kalau melihat sejarah itu berubah seperti di Cina, jaman Sun Yat Sen (mengundurkan diri) karena idealisnya (yang bikin gondok) bila kamu nonton film 1911 (dibintangi Jackie Chan) dimana pemimpin hebat macem Sun (mau ga mau digantiken) Yuan Shikai pria gak bermoral seperti difilm dan tidak punya Skill hebring layaknya Dr. Sun.

 Klik url untuk nonton film 1911 (Full Movie): 

 http://www.bioskop25.com/2011/08/1911-revolution-2011.html

Kenapa William merubah dunia? yang padahal cuma Inggris doang, bukan skala luas halnya Nabi Muhammad Saw? penjelasannya yah begini:

  • Penaklukan ini melahirkan bahasa Prancis aristokrasi baru, yang beri efek dalem pada bahasa Inggris.
  • Keturunan raja dari William membuat Inggris punya skema dimasa depan, bisa dibilang William mengokohkan pondasi kerajaan. emang sih yang buat Inggris tambah kuat Elizabeth I dengan jaman Golden Age. dari Elizabeth ini terutama buat kehebatan angkatan lautnya,dll Inggris dapet era emasnya. tanpa William jadi rajanya (sapa tahu) itu berubah (bisa jadi) bukan Elizabeth yang jadi ratu, dipastikan Inggris kehilangan Golden Age (mang udah takdirnya, dibuat begini).
  • Inggris terus jadi negara kuat, era jauh dari William dan menaklukan dunia lain, merubah dunia. dan biarpun Wiliam tak membuat sendiri Inggris jaya seperti sekarang (melalui tangannya) praktis dia itu yang memberikan kesempatan untuk membuat Inggris seperti sekarang ini. andaikata William tak ada, sejarah pasti berubah jauh sekali.

Kesimpulan Akhir

Belajar/mengetahui sejarah itu sangat menyenangkan, bila kamu memang menyukainya. bila sejarah dilupakan, pelaku sejarah tentu akan tenggelam ditelan waktu. lima pelaku diatas (cuma sampel) berjangka luas diantara pelaku lain (termasuk dari Indonesia). memang sebagai manusia sekarang yang tidak terlibat atau menjalani seperti pelaku sejarah dulu, kita merasa “Sudah Terjadi Toh”. tapi bila diteliti berapa banyak sumbangsih tak boleh dilupakan begitu saja atas jerih payah mereka.

Mengingat “Arti: Jas Merah” (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah) tentu kita (seharusnya) tak harus melupakan sejarah. mulai dari sejarah perang, kehidupan, bahkan penemuan, (semua) itu ialah sumbangsih mereka atas masa depan kita sekarang. yang tanpa mereka tidak mendapat imbas dari efek terbaiknya.

Kita bahkan tidak mengenal Amerika Latin tanpa imbas Colombus. bahkan Mobil, Pesawat, jika bukan usaha (Nikolaus Otto dan Wright Bersaudara). mungkin juga segala hal dimasa ini juga tak pernah ada bila tanpa pelaku sejarah. jadi hormatilah mereka, seperti mereka “Rela” memberikan dunia (untuk kita) dan janganlah mereka untuk dilupakan.

 *****************************

 Sekianlah Post kali ini (baca/nonton terus) lainnya di:

 https://wildanrenaldi.wordpress.com/ thank you very much.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tentang wildanrenaldi

Hi Friend Welcome, thank to visit this Blog, enjoy yourself to Read Post or Comment, Please Enjoy, Thank You.
Pos ini dipublikasikan di Sejarah dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s