Dongeng Dari Negara Turki Part 2

Forty-four Turkish Fairy Tales – Part 2: Ketakutan

Di waktu yang lalu ada seorang wanita yang memiliki seorang anak lelaki, keduanya duduk bersama diwaktu sore dan ibunya berkata kepada anaknya:

“Pergi anakku (dan menutup pintu) karena aku ketakutan.”

“Kenapa takut?” anak itu bertanya kepada ibunya.

“Saat seseorang takut,” jawabannya.

“Lalu kenapa harus menjadi takut?” anak itu memikirkannya

“Aku akan pergi dan menemukan itu.”

Jadi ia berangkat dan tiba di sebuah gunung dimana ia melihat empat puluh perampok, yang sedang menyalakan api unggun. lalu kemudian mereka duduk disekitarnya dan Pemuda itu ingin kesana menyapa mereka, salah satu perampok itu menyapanya:

“Saya mencari rasa takut, menunjukkan kepada saya.”

“Tidak ada burung yang berani terbang lewat sini, tidak ada kafilah melewati tempat ini: bagaimana kemudian engkau begitu berani berani?” kata perampok itu.

“Saya sedang mencari ketakutan, tunjukan kepada saya” lelaki muda itu berkata

“Ketakutan ada di sini, di manakah kita?” kata perampok.

“Dimana?” tanya pemuda.

Kemudian perampok memerintahkan kepada pria muda itu:

“Ambil ketel ini, tepung ini, lemak dan gula, pergi ke pemakaman itu dan buat  (Helwa/Halva) disana” katanya

“Baiklah” jawab pemuda dan ia pergi.

Dikuburan ia menyalakan api dan mulai membuat Helwa. ketika ia sedang membuatnya ada tangan yang keluar dari kubura dan ada suara berkata kepadanya: “Apakah saya tidak mendapat apa-apa” memukul tangan itu dengan sendok, lelaki itu lalu menjawab dengan mengejek: “Tentu saya harus memberi makan orang mati sebelum hidup.” Tangan lenyap dan……….

01300

Selesai memasak Helwa pemuda kembali ke perampok.

“Engkau menemukannya?” katanya perampok itu

“Tidak,” jawabnya. “Yang saya lihat adalah tangan yang muncul dan meminta Helwa, tetapi aku memukul dengan sendok dan melihat tidak melihat lagi setelah itu.”

Para perampok itu takjub lalu, satu lagi dari mereka berkata:

“Tidak jauh dari sini adalah sebuah bangunan/rumah kosong, di sana kamu bisa, tidak diragukan lagi, untuk menemukan rasa takut.”

Lelaki itu lalu pergi ke rumah kosong itu dan memasukinya. ia melihat dari kejauhan seperti sebuah ayunan, di mana ada gadis kecil yang menangis, di kamar itu seorang gadis itu berlari ke sana kemari dan mendekatinya dan berkata:

“Biarkan kepalaku dibahu Anda, anak kecil itu menangis, saya harus menenangkannya.” Dia setuju, dan berada disamping gadis itu.

Sementara menenangkan anak itu, dia mulai mencekik leher pemuda dengan kakinya sampai ia dalam bahaya karena tercekik. segera, dengan hentakan membanting gadis itu  kedepan, lepas dari bahunya dan menghilang. tetapi gelang gadis itu jatuh ke lantai.

Pemuda mengambilnya lalu meninggalkan rumah kosong itu. Saat ia sudah keluar dan melewati sebuah jalan, ada orang Yahudi melihat gelang terrsebut dan menegurnya.

“Gelang itu adalah milikku,” katanya.

“Tidak, itu milikku,” jawab lelaki itu

“Oh, tidak, itu adalah milik saya,” balas orang Yahudi itu.

“Kalau begitu, mari kita pergi ke Cadi/Qadi (seorang hakim yang membuat keputusan berdasarkan syariat Islam) kata pemuda itu.

01400

“Jika dia hadiah itu adalah milikmu, maka itu akan menjadi milik mu. jika bagaimanapun, hadiah ini untuk saya, maka tetap saya miliki.” tambahnya

Jadi mereka mereka berdua pergi dan Cadi mengatakan:

“Gelang harus menjadi miliknya (pemuda itu) Qadi membela kasusnya”

Baik bagaimanapun dan akhirnya hakim memerintahkan bahwa gelang harus disita sampai salah satu pelapor harus menghasilkan pasangan (dari gelang tersebut), nanti akan diberikan kepadanya. Orang Yahudi dan pemuda muda kemudian berpisah.

Sewaktu dekat pantai, anak itu melihat kapal terombang-ambing di laut dan mendengar teriakan ketakutan. Dia berseru dari pantai:

“Apakah Anda menemukan ketakutan?”

Dan dijawab dengan teriakan, “Oh, celaka, kita akan tenggelam!”

Dengan cepat lelaki itu melepas pakaiannya, ia melompat ke dalam air dan berenang ke arah kapal. Mereka yang dikapal mengatakan:

“Seseorang membocorkan kapal kami, kita takut.”

Pemuda itu mengikat tali ditubuhnya, menyelam ke dasar laut. Di sana ia menemukan bahwa Putri Laut (Deniz Kyzy/Mermaid) mengguncangkan kapal. Ia lalu menjatuhkan dirinya untuk mencambuk habis-habisan putri duyung itu dan melemparnya sampai Kemudian muncul di permukaan dan ia bertanya kepadanya:

“Apakah  ini ketakutan?” 

Tanpa menunggu jawaban ia berenang kembali ke pantai, berpakaian dan melanjutkan perjalanannya.

Terus berjalan kemudian ia melihat taman di depan yang air mancur, Ia memutuskan menuju ketaman dan beristirahat sebentar. tiga merpati bermain-main diri di sekitar air mancur. mereka menyelam ke dalam air dan saat muncul lagi dan mengguncang dirinya masing-masing burung itu berubah menjadi seorang gadis.

Mereka kemudian meletakkan meja, dengan gelas minum, menyentuh gelas ke bibirnya, orang yang lainnya lalu menyatakan:

“Untuk yang kesehatan, minumlah engkau?”

Dia menjawab: “Dari itu?”

Pemuda mana yang membuat Helwa, bagaimana tidak kecewa ketika ada tangan memegangnya di kuburan. gadis kedua minum, yang lain berkata:

Untuk yang kesehatan, minumlah engkau”

Dan jawabannya adalah:

“Untuk pemuda yang di atas bahu aku berdiri, dan yang tidak menunjukkan rasa takut meskipun aku hampir mencekiknya”

Lalu ketiga gadis itu mengambil gelasnya.

“Untuk siapakah engkau memikirkan?, mempertanyakan yang lain”

Di laut, saya mengehempaskan kapal dan terombang-ambing,

“jawab wanita itu,”

Seorang pemuda datang dan mencambuk saya habis-habisan, bahwa saya hampir mati. Saya minum ini kesehatan. “

Dengan sulit berkata pemuda itu berkata:

“Akulah pemuda itu”

Ketiga gadis bergegas ingin memeluknya, dan ia melanjutkan:

“Saat bertemu Cadi, aku punya gelang yang jatuh dari salah satu lengan kalian, tapi Seorang Yahudi akan merampas dari saya, tapi saya menolak untuk menyerahkannya Saya sekarang mencari pasangannya”

Para gadis itu membawa pemuda ke sebuah gua, di mana ada ruangan megah dibuka. dengan takjub pemuda itu ruangan itu dipenuni dengan benda-benda emas dan mahal. Para gadis ini memberinya gelang kedua yang ia langsung pergi ke Cadi dan menerima yang pertama dan kembali lagi tanpa membuang waktunya ke gua. 

“Bagianmu dari kami, tidak lebih”

Kata para gadis.

“Itu sangat bagus,” jawab pemuda

“Tapi sampai saya menemukan rasa takut, aku tidak dapat istirahat”

Mengatakan tentang ini ia menanggis, meskipun mereka memintanya dengan sungguh-sungguh untuk tetap tinggal.

Saat ia tiba di tempat di mana ada kerumunan besar orang.

“Apa yang terjadi?”

Pemuda bertanya, dan diberitahu bahwa Shah dari negara ini meninggal. merpati itu harus dibebaskan dan bila burung turun dia atas kepala seseorang dia akan dinyatakan sebagai pewaris tahta. Pemuda itu berdiri di antara pelancong yang penasaran. Merpati itu dilepaskan, terbang di udara dan akhirnya turun di kepala pemuda itu dan ia langsung didaulat sebagai Shah.

Tetapi karena ia tidak mau menerima kehormatan dari merpati kedua  yang dikirim, yang juga berbaring di kepala pemuda itu. hal yang sama terjadi untuk ketiga kalinya.

“Engkau Shah kami!” teriak orang-orang.

“Tapi saya mencari rasa takut!” katanya

“Saya bukan Shah Anda” jawabnya kembali

01600

Menolak kerumunan membawanya ke istana, Kata-katanya terus diulang sampai janda penguasa terdahulu yang mengatakan:.

“Biarkan dia menerima martabat untuk malam ini setidaknya; besok Aku akan menunjukkan kepadanya rasa takut

Lantas pemuda itu setuju, meskipun ia menerimanya dengan sangat tidak menyenangkan, siapa pun Shah itu untuk satu hari, keesokan harinya menjadi mayat.

Pemuda itu memasuki istana, ia tiba disebuah ruangan di mana ia melihat bahwa peti matinya sedang dibuat dan air telah dipanaskan. Namun demikian, ia berbaring dengan tenang tidur di ruangan ini. tetapi ketika para budak datang ia terbangun. mengambil peti mati itu, menaruhnya di dinding lalu membakarnya dengan api dan membuatnya menjadi abu. setelah selesai ia berbaring dan tidur nyenyak lagi.

Ketika pagi datang, para budak masuk kekamarnya untuk membawa pergi mayat Shah yang baru. mereka gembira sekali karena Shah dalam kesehatan sempurna, mereka bergegas ke Sultana dengan membawa kabar gembira. dia kemudian memanggil juru masak dan memerintahkan:

“Ketika kamu menaruh sup di perjamuan malam, taruh burung pipit masih hidup dalam sup” katanya

Ketika malam datang, Shah muda dan Sultana duduk untuk makan malam dan hidangan dibawa, Sultana mengatakan:

“Angkat tutup piring”

“Tidak,” jawab pemuda itu

“Saya tidak ingin untuk sup.”

“Tapi tolong angkat,” kata Sultana dengan halus.

Pemuda mengulurkan tangannya dan mengangkat tutupnya, burung terbang keluar. Insiden itu begitu tak terduga bahwa memberinya kejutan kaget dan ketakutan.

“Tidakkah kamu tahu!” Teriak Sultana

 “Itu adalah rasa takut.”

“Apakah seperti itu?” tanya pemuda.

“Engkau benar-benar ketakutan” jawab Sultana.

Kemudian pesta pernikahan dilangsungkan dan itu berlangsung empat puluh hari empat puluh malam. sang ibu Shah muda itu dibawa ke istananya dan mereka hidup bahagia selamanya.

01700

Tentang wildanrenaldi

Hi Friend Welcome, thank to visit this Blog, enjoy yourself to Read Post or Comment, Please Enjoy, Thank You.
Pos ini dipublikasikan di Cerita, Ilmu Pengetahuan dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

