Tips Ampuh Naik Mobil

Bagaimana sih caranya naik mobil yang baik dan benar? dari awal latihan sampe bener2 bisa nyetir? tenang aja nanti akan dikasih tips dibawah ini dan juga tips lainnya saat berkendara.

Dimasa sekarang ini memang kendaraan bermotor, tentunya juga sangat banyak digunakan oleh para pengendara, karena motor dianggap bisa lebih cepat dan bisa juga menyalip. dari bentuk kendaraannya juga beda dengan Mobil, yang banyak orang bilang kalo dilampu merah, macet, banjir, mobil ga sepraktis Motor, bahkan digang kecil aja bisa masuk sambil nyari alternatif potong jalan.

Tapi biar begitu, Mobil banyak juga keuntungannya kok dibanding Motor, salah satunya adalah terhindar dari hujan deras, pengendara juga bisa denger musik dan kalo capek bisa nepi/tidur,dll. ya apapun itu, intinya kedua kendaraan ini sama-sama penting digunakan dan bukan lagi mana yang lebih baik? untuk itu supaya lebih afdol nyetirnya, ada tips yang baik digunakan bagi pengguna kendaraan roda 4, dibawah ini:

Tips Awal Sebelum Mengendarai Mobil 

Jauh sebelum membahas terjun ke jalanan dan dipakai sehari-hari, tentunya harus melihat dari kemampuan seseorang mengendarai, karena ini penting buat kedepannya. dari proses ini demi dimasa-masa selanjutnya, para pengendara juga harus memperhatikan dari faktor kesiapan terlebih dahulu sebelum tempur, intinya jangan perang tanpa senjata dan senjata itu adalah kemampuan nyetir kamu. nah untuk masa awal (kalo mau cepet), disarankan latihan dahulu sebelum turun kejalan, dengan begitu (nanti akan melewati banyak pengalaman) kamu udah ngerti dan jangan anggap remeh diproses awal ini.”Ah nanti lama-lama juga biasa” jangan seperti itu.

Maka dari itu luangkan waktu (mau capek) latihan sebelum bisa/mahir. latihan itu bisa dengan 2 cara yaitu: Kursus atau di ajarkan. kursus tentunya harus membayar dan di ajarkan bisa gratis dong, apalagi sama anggota keluarga sendiri, ya paling cuma “Rokok-rokok doang?” sama “Ngetem minum aer kelapa”. boleh juga sama teman, paman atau siapapun dan ingat!!! jangan terjun sebelum mahir, alias sebelum mempelajari semuanya, jangan sekali-kali mau bawa (sendirian) nekat, terutama kejalanan. naek Motor sih bisa gitu, tapi khusus mobil (kalo mau lecet dikit) coba aja deh, disebabkan dari kemampuan yang cuma cetek tersebut.

Kamu juga harus mau capek dahulu dalam latihan, ya kamu maulah pergi ketempat latihan lapangan, dibanding teori doang dan ini bagus sekali. jadi “itu kemana dulu, latihannya? ya kemana lah, ke “Pulo Mas” atau ke jalanan kosong juga bisa. intinya tentukan tempat latihan kamu, kalo perlu berhari-hari (ini juga bagus), supaya skill nyetir kamu semakin terasah.

Tips Latihan:

  • Fokus terhadap “GIGI” (Bukan band), tapi perpindahan antara 1 ke 4 atau 5 (tergantung) disini harus perhatikan benar perpindahan itu, agar ga kaku pas ngimbangin antara kopling dan gas.
  • Yang terpenting adalah kopling, gimana sih dijalan tanjakan (misalnya) gigi + kopling  + Gas setengah tetep bisa nahan mobil? ini harus diperhatikan bener. bedah terus dan cari tahu dibanding nyesel belakangan loh!!! “eh gw masa, masih belom bisa nanjak” gara-gara ngeremehin proses latihan ini.
  • Setir, janganlah kaku alias sesuaikanlah dengan arah. terlalu banting stir juga ga bagus, pelan-pelan dong mas – mbak, pokoknya halus ke kanan maupun ke kiri. untuk lurus (patokan) logo mobil (apa aja deh) mitsubishi, honda, toyota,dll, logo itu harus ketengah (lurus) yang menandakan kamu pasti bisa berjalan lurus kedepan.

Latihan itu semua tergantung kamu, siap atau tidaknya? itu bukan ditentukan dari waktu berapa lama kamu latihan, juga kesiapan kamu untuk terjun. (misalnya gini) dalam waktu 6 minggu lumayan ada perkembangan (bila udah siap) terus apa yang harus dilakukan? uji coba dong ah!!!!

Tips naek mobil Pasca latihan (Uji Coba)

Sepertinya proses ini udah semakin maju, ibarat rumah pondasi selesai dibangun dan supaya naroh atap serta tembok, ubin,dll rapi, kamu harus “Uji Coba” dahulu”. dalam proses ini (umpama) mau nekat (bawa sedikit) juga boleh, dibandingkan masih hijau atau ga ngerti sama sekali. kalo mau bawa mobil sendiri (untuk awal) jangan jauh-jauh, latihannya di sekitar deket rumah aja (tujuannya) supaya ga terjadi apa-apa, namanya juga masih baru. tapi ini pas banget kok buat pemula (cari dulu yang sepi) lalu uji coba disitu dan proses yang penting ini, juga buat dapetin “Tanda” atau Feeling bagi nyetir kamu.

Emang sih, naluri orang nyetir beda-beda, (contoh) ada orang yang enjoy sambil denger radio (sambil latihan) terus kebiasan deh, ada juga yang enggak!!! nah supaya kamu afdol dalam (memakai kemampuan sendiri), intinya sesuai hati, teruslah menjalani proses sampe bener-bener klop. kalo kamu mau “Uji Coba” bareng temen juga boleh kok, selain kaga cengo sendirian “Oh what can i do….oh what can i do?” teman juga bisa kasih masukan, bisa di ajak ngobrol lagi, untuk ngegosip nanti aja yang penting fokus!!!

Bosen disitu-situ aja? pengen keluar ke jalan? asyik aja deh, tapi (biar aman) cari area yang kira-kira kaga macet atau ga bikin kamu bahaya nantinya. kamu juga harus modal berani (pas disono), jangan takut-takut nanti di tin, tin-nin orang. modal kamu itu adalah keberanian dan siap, tanpa itu lama dong terjun kejalan, karena masih ragu dan takut.

Setelah dijalan (nanti), intinya orang lain dijalan ga mau tahu deh (jadi kamu harus tahu soal itu). mau kamu itu lulusan kursus apa kek? Juliana Jaya angkatan berapa? yang penting kalo udah terjun kejalan, semuanya sama, alias dianggap PRO (udah lama nyetir), padalah kan belom? kamu kan ga mungkin buka kaca mobil terus teriak “Gwe baru belajar” jadi supaya ga terjadi apa-apa nantinya (malu, nabrak, lecet,dll) kamu harus berikan yang terbaik disini (bagi diri sendiri) dan ga ngalangin mobil dibelakang.

Supaya ga tegang fokus terhadap ujung mobil depan, khususnya kiri jadi patokan (nabrak ga ya?). ujung mobil depan bagian dari Felling tadi, kecocokan masing-masing orang (ada yang pake cara gitu), ada juga yang pake cara laen supaya kagak nabrak. nah maka dari itu (diingatkan) berkali-kali, jangan perang tanpa senjata!!! agar pas ujicoba kamu, ga kikuk.

Pas jalan, usahankan pake gigi slow dulu 1-2 (ya bodo amat) yang laen udah pake gigi 3 ditempat macet. jangan ngikutin orang – ikuti diri sendiri – maksudnya kalo orang-orang dimedan tempur itu, cara nyetirnya beda (bolehlah itu jadi masukan), tapi inget metode diri sendirilah yang harus dipake. seringlah lihat orang nyetir, terus duduk disampingnya tujuannya untuk “Oh gitu tuh dia cara nyetir nya?” terus diterapin ke cara kamu sendiri. nyetir Mobil mang sama, tapi Feeling orang beda-beda.

Patokannya gini, kalo kamu udah sehat walafiat, mobil ga nabrak dan lecet sewaktu ujicoba di jalan (lumayan bisa deh). tapi eits!!!  kamu jangan bangga dulu, emang sih udah lumayan bisa, tapi dimedan tempur (jalanan) berbeda-beda nantinya. sekarang oke puas belom tentu ditiap rute selalu bisa, iya kan? jadi timba terus pengalaman yang sangat penting ini (saat uji coba), sebelum kamu siap terjun ke medan tempur sesungguhnya.

Ke Perjalanan Selanjutnya Setelah Latihan Dan Uji Coba

Kamu udah latihan dan ujicoba, entah itu di istruksi-kan sama temen atau cari tahu sendiri, yang penting sekarang kamu udah siap dimedan tempur. nah di proses ini yang harus diingat adalah “Terus Membiasakan Diri” maksudnya? lama-lama biasa kok. semua orang yang udah handal membawa mobil bertahun-tahun pastinya udah ngelewati proses ini dan satu hal lagi, buang sifat “KAGAK BISA KAMU” karena ini penting buat aktivitas. keraguan bikin kamu ga cepet adaptasi diawal, meski di waktu kedepan kamu udah handal, tapi bisa mempengaruhi cara pikir dalam berkendara.

Diproses ini kadang aktivitas (ngaruh) nomor 1 yang membuat kita jadi handal, entah dari aktivitas Kuliah, Kerja, Antar Barang,dll, yang berhubungan dengan itu diharapkan terus adaptasi dan jangan merasa takut (santai aja). cari tahu jarak yang tepat untuk rute alternatif terbaik ketempat tersebut. ini dilakukan biar terbiasa dahulu dengan medan tempur jalannan, semakin sering tuh dilewatin, semakin “ah udah biasa”. bila melewati rute yang belum pernah dilewati gimana dong? liat sekeliling dahulu, cari celah, terus jadiin patokan utama menuju ke tempat tujuan. misalnya patokannya “Pom Bensin” besok-besok ngelihat Pom itu patokannya.

Dimedan tempur semasa awal harus diingat juga, kamu harus fokus sama jalan dan gaya menyetir kamu. kalo ga bisa setel radio ato sambil maenan HP (jangan dulu deh), yang penting lihat kanan-kiri jalanan. lagipula soal kebiasaan kan belakangan bisa, kamu “Terbiasa” dulu deh. untuk terbiasa pelajarilah sudut jalanan “sudut sempit” atau tanjakan, serta jalanan yang kira-kira berbahaya, (ini di Jakarta banyak, begitu juga dikota lainnya).

Semakin mempelajari atau melewati sudut jalanan sempit, tikungan mematikan (secara metaforsis), lewat gang, jalan kecil, jalanan ga beraspal,dll intinya kamu sembari jalan juga belajar lah. jangan mentang-mentang udah bisa ngak mau belajar lagi seperti dilatihan juga uji coba (salah besar), pas udah bisa kamu juga harus banyak belajar. kalo belajar sabar dan ikhlas, seperti kata AA Gym gimana? itu sih silahkan aja (terserah kamu).

Tips Ngadepin Lampu Merah

Pas kamu udah siap bawah mobil ke medan tempur, bukan ga jarang lagi itu pasti bakal ketemu “LAMER” alias Lampu Merah. lamer itu emang sengaja diciptakan untuk menciptakan ketertiban, walau kadang-kadang orang ogah-ogah-an. nah oleh sebab itu karena bentuk Mobil lebih jumbo dibanding Motor, kalo kagak hati-hati (mau nyalip) bisa-bisa merugikan pengendara Motor, yang suka “Turbo” kayak “Jorge Lorenzo“. tetap perhatikan soal itu. intinya selain untuk ngindarin nabrak sesama kendaraan Mobil, untuk Motor juga harus.

Pas dilamer (umpama) didepan kamu mobil ada mobil juga, rem dengan posisi kasih ruang buat “Motor”, biar bisa dilewatin depannya. selain itu tujuannya supaya dijadiin patokan ga nabrak mobil depan juga. usahain untuk baru awal (takutnya ngeden mobilnya), di “Prey” dulu aja (gigi netral), jadi pas jalan lagi baru deh gigi 1. kalo udah masuk gigi duluan, lamer lama, pas udah siap jalan, kamu bengong!!! kebanyakan bisa ngeden, mesin mati dan praktis mobil berhenti dong? kalo begini jangan panik bro!!! kalo mobil belakang klaksonin kamu – stater cepet buru-buru jalan deh.

Bila kamu ngadepin Macet, itu pasti bisa menyebabkan emosi, kekesalan, marah-marah dan gangguan lainnya dan BT. kalo udah gini gimana dong? fokuskan kepada jalannya kamu disana dan pilihlah gigi transmisi manual yang tepat. kalo macet panjang tapi merayap gigi 1 juga cukup (bisa juga 2) tergantung. kalo macet ditanjakan gas + kopling seimbang atau pake rem tangan (tapi harus cepet), terus jalan lagi. biasanya ini untuk yang udah terbiasa banget….trek….trek seimbang perpindahan gigi serta gas + kopling.

Macet total (biasanya) ada juga orang yang matiin mesin kendaraannya, kalo udah gini terus gimana? ya “beli bang” buka aja kaca jendela samping, mau ngerokok, makan kacang juga sah-sah aja tuh, asal tetep fokus sama “LAMER”, yang sapa tahu lampu udah Ijo. di situasi (terjebak ini) diharuskan lebih fokus karena kita ga bisa kemana2 lagi kan? udah gitu ga jarang ngabisin waktu berjam-jam. nah, oleh sebab itu supaya kaga marah en emosi, kamu wong sabar jangan teriak mengumpat  “gimana sih”, apalagi kata kotor (stay calm and focus), mau berdoa silahkan aja. nah kalo udah ga sabar banget, biar kamu enjoy setel aja radio, nyanyi2 kek cari lagu enak seperti daftar lagu dibawah ini:


Enjoy!!!

Tips Naik Mobil Disaat Banjir

Meski masalah macet dan banjir belum terselesaikan, biar gimana Pemerintah juga manusia, ga bisa langsung “Simsalabim jadi apa Prok, Prok, Prok!”. kecuali Pak Tarno jadi Presdien itu pasti bisa, tinggal prok – prok aja masalah langsung beres (he he he brcnd). kalo dibilang rakyat terkena imbas atas belum selesainnya masalah ini dan kamu terjebak diantara dua cinta Afgan!!! (sory salah topik), maksudnya diantara 2 permasalahan ini Macet & Banjir, gimana dong sambil nyetir?

Yang pertama dilakuin adalah jangan emosi dong ah. asal tahu aja, tahan emosi itu juga penting supaya (kaga kehilangan kendali), apalagi kamu baru awal pake mobil. kecelakaan, nabrak, lecet, serempet,dll sering terjadi kalo ga bisa tahan emosi. untuk kepentingan bersama, beserta kamu diharapkan harus begitu. terus gimana nih kalo mobil terjebak diarea banjir? tetep jangan panik dan jalan aja ditengah supaya ga jeblos ke com alias COMBERAN!!!!

Disini (apalagi area baru) kamu nanti ga bisa bedain deh namanya jalanan dan namanya got/selokan? kamu pun harus hadepin 3 persoalan ini, hindarin nabrak Mobil & Motor + Jeblos. untuk itu jalan aja pelan-pelan, sembari cari celah ke jalan aman, (walaupun) bisa lama berjam2 kamu tetep fokus & sabar. bila dikota besar “Siksaan” itu bisa tambah parah lagi, gimana enggak!!! Macet + Banjir + merayap + resiko mesin mobil mati + kapan pulangnya? jalan keluarnya adalah tetep ngadepin situasi terjadi. asal tahu juga yach, semakin kamu terima “Siksaan” tersebut skill mengemudi kamu semakin bisa terasah, jadi janggan anggap cobaan itu, ga ada Hikmahnya. justru dari pengalaman ga enak tersebut tanpa sadar (Feeling) kamu muncul. 

Tips Parkir Mobil 

Dilatihan udah belajar mundur belom? kalo udah, top deh buat Parkir. setelah ditujuan, terus apa dong selanjutnya? ya naroh kendaraan kamu lah. dalam memarkirkan mobil ada tekniknya, yaitu: parkir maju maupun mundur. untuk mundur (dimasa awal) kebanyakan orang ngeluh, “Kenapa yach tidak sesuai dengan pas dilatihan?” nah itu, makannya disebut “MEDAN TEMPUR” sebab kalo udah dilapangan seseungguhnya, situasi susah bisa terjadi terutama untuk yang baru. kita harus lewatin namanya kesel en gondok, mulai dari Lamer, Banjir, belom lagi “Kagak bisa parkir” apa aja deh!!! ini semua pernah dialami orang kok semasa awal.

Untuk itu dimasalah parkir, sebelum terjun langsung (pas latihan & ujicoba) kamu harus udah bisa dulu, paling enggak lumayan nguasai deh. kalo belajarnya di “medan tempur” kebanyakan nich, gagalnya sering. dalam mencegah kegagalan parkir kamu harus bisa belajar berhenti disudut tepat, umpama itu ada ruang kosong samping mobil depan kamu, harus bisa banting stir (yang tepat pula) mobil ampe kesono, begitu juga mundur. 

Untuk parkir mundur, pertama lihat objek dibelakang kamu, entah itu mobil, tong sampah, ataupun comberan (lihat sejelas2nya) dan sesuaikan dengan sudut mundur “Perkiraan”. misalnya: harus mundur dalam posisi huruf “L”, berarti kamu berhenti dulu sejenak pas didepannya, mundur pelan, stir diarahkan halus banting kanan dan setelah mobil putar arah derajat, usahakan se-ferfect mungkin kalo bisa, keluar dari garis juga oke, asal ga ngalanin tempat parkir disamping (kiri-kanan) kamu.

Ingat pula disini (sekali lagi) orang itu ga mau tahu, kalo kamu tegang ga bisa parkir dan ngalangin dia, jangan marah kalo mereka ngatain kamu. tetep fokus & cari sudut yang tepat, dan bila dirasa panik maju dulu (entah kemana) hindari mobil laen yang mau parkir itu. umpama terdesak banget, jangan pake kaca spion tengah tapi pake (Feeling), kepala kamu lihat belakang mobil (lebih jelas) dibanding kaca spion. tapi tenang aja kok, disetiap basement atau luar gedung pasti punya petugas parkir, sekarang udah jamak kok dimana2 selalu ada.

Tips Ambil Karcis & Keamanan Mobil

Biasanya mau ke Mall atau ke pusat perbelanjaan itu selalu ada pengambilan tiket (ini udah wajib), baik yang otomatis (pencet tombol) maupun ada petugas tiket di gardu depan. nah gimana caranya gambil Karcis, tapi kamu tetep nyetir? yang pertama lihat “Medan” alias tempatnya, apa itu tanjakan maupun datar? bila tanjakan (pas latihan) kamu udah tahu ngatasinnya. setelah mobil bisa ditahan (ditanjakan) dan itu otomatis pencet tombol hijau (kalo ga salah) dan tunggu sampe keluar karcis & go. kalo ada petugasnya (cara tetep sama) mas & mbak petugas itu akan ngasih karcis ketangan kamu & go setelah itu kalo kamu ga buru-buru jalan, kasihan mobil dibelakang nungguin kan?

Setelah mobil diparkir dan udah sampe, jangan lupa cek dulu apa mobil udah terkunci ato belom? (karena ini penting) demi keamanan mobil. umpama lupa, tangan orang jahil ngerayangin barang kamu (waspadalah!!!). untuk mengunci mobil sih, pasti udah tahu kan? (iya lah), dari dalem atau luar sama aja dan juga bisa pake Alarm…Tit…Tit.

Diarea parkir (supaya aman) jangan pernah ditempat gelap, pojok atau sepi (kecuali terpaksa dan penuh) itu pun harus hati-hati juga, karena kejahatan ga pandang bulu.  disarankan jangan menaruh barang yang mengundang niat busuk orang, misalnya kelihatan dari luar ada HP. barang penting sebaiknya juga dicek (seperti kunci) untuk yang ini usahain jangan pernah ketinggalan.

Bila kamu mau pulang cek dulu karcis mobil kamu, bila hilang denda mahal loh!!! 2x atau 3x lipat (biasanya). karcis motor hilang bisa 14.000 (tergantung), mobil mungkin beda lagi. demi supaya tidak ribet disarankan pula menaruh karcis ditas, dompet, yang tidak memungkinkan jatuh atau tertinggal. setelah keluar udah bayar parkir, keluar ke jalan kamu kudu hati-hati juga, ga jarang diposisi gini mobil kamu ketabrak kendaraan lain (pernah terjadi) khususnya motor meleng, ngebut, jeder!!!

Tips Ngadepin Hujan

Hujan kadang bikin repot, yang ga nyetir aja kebanjiran apalagi nyetir. kalo orang naek motor pas hujan, mau tahu rasanya gak? seperti ditusuk2 jarum (itu dengan catatan) tanpa jas hujan. tapi untungnya untuk mobil, tidak seperti itu (paling) cuma ga bisa lihat jelas. maka dari itu pake “Wiper” dong!!! yang naek atas ke bawah, supaya pandangan mobil kamu jelas. usahakan dihujan deras jangan ngebut, kalo motor bisa slip, kalo mobil yang pakem, tetep aja + pandangan jelek semua kejadian buruk bisa terjadi, jadi berhati-hatilah.

Macet & Lamer lama + hujan ini emang paling kesel dan 3 keadaan ini pernah dialami siapapun juga, bahkan ngalamin dijalan yang sama. untuk awal tetep fokus lihat depan kamu, yang kalo malem hari penuh dengan lampu-lampu membuat pandangan mata jadi gimana gitu? ini juga harus diperhatikan.

umpama banjir + 3 keadaan ini kamu harus pelan-pelan nyetirnya dan jangan pernah buru-buru. dikeadaan ini, percayalah 1 dari 50 lebih (umpamanya), kendaraan yang bareng kamu, pasti ada yang gondok, kesel, marah dalam hati atau ditunjukan, jadi kamu harus ngerti diposisi ini orang-orang berebutan pengen duluan jalan. bila kamu ga tenang (buru-buru) + kecepatan mereka, udah dijamin pernah ada kasus. pas keluar dari Lamer itu kadang kala ada kendaraan yang mau nekat nyalip ditempat lamer berbeda (deket posisi kamu) waspada pula soal ini.

Kejadian buruk pas hujan, paling sering terjadi adalah: slip, nabrak, serempet, dll. yang paling parah sih ga kelihatan,  bila diposisi ini seseorang bisa mengalami 3 contoh tersebut. untuk fokus usahakan jangan pernah anggap remeh “Medan Tempur”, coba deh lihat reaksi orang-orang ditiap mobil pas lamer, rata-rata mereka serius, yang mendandakan tetep fokus menyetir melihat keadaan didepan mereka. walaupun banyak masalah dibenak mereka, soal urusan setir…ini ga boleh seolah-olah lagi bercandaan. ini harus dicamkan benar.

Kecuali kamu pembalap dan pembalap aja kalo ga fokus bisa tabrakan, karena “Medan Tempur” biar udah pernah dilewati berkali-kali, tetep aja disudut ga sempurna atau lagi sial, semua pembalap akan jadi korbannya. intinya adalah tetep fokus soal masalah ato apa bisa nanti kalo udah sampe. yang penting kamu selamat dari “Belantara Hutan” yang kejam itu, khususnya untuk yang baru awal nyetir.

Tips Mobil Pas Lagi Mogok

Mobil kamu mogok? wah gimana nich? tenang bro & jangan panik. ya apapun itu mobil mogok ditengah jalan, macet, ditengah terowongan,dll yang pertama kamu harus lakukan adalah:

  • Tenang jangan panik
  • Kasih tanda ke mobil belakang kamu
  • kalo bisa pelan-pelan dorong ke (kiri atau kanan) dan nepi ke pinggir jalan.
  • Umpama udah diposisi pinggir jalan, tetep kasih tanda, biarkan posisi mobil disitu aja (bila memungkinkan). selanjutnya mau benerin sendiri, dibenerin sama orang yang bantu, panggil mobil derek atau menunggu bantuan teman, yang pasti sekarang udah leluasa, dibanding belum nepi.

Nah gimana kalo kamu ga mau dorong mobil ketepi? diposisi ini bisa juga kok, asal kasih tanda, yang tujuannya adalah (supaya) orang jangan ngoceh ato apalah? “Orang lagi mogok kok”. kasih tanda itu bisa berupa lampu, rambu atau kasih patokan dan bikin leluasa orang benerin mesin mobil, walaupun mogok ditengah jalan sekalipun.

Mogok itu adalah bagian”Menyebalkan” saat berkendara, apalagi kalo mogoknya itu malem-malem alias orang lagi pada molor. disituasi ini untuk wanita, waspadalah!!! ingat daging empuk itu disukai kucing, ada kesempatan kamu bisa bahaya. yang terpenting kamu harus jaga diri, paling enggak pukul kalo ada orang macem-macem. segera hubungi teman bila kamu sendirian dijalan yang sepi, selain takut ketemu “Kelebat banyangan putih” ya pokoknya dibantuin deh.

Kalo bener-bener sepi gimana, orang sekitar kamu ga ada, temen ditelepon susah? untuk yang gini ada cara ampuh yaitu:

  1. Tetep ditempat sambil telepon atau demi keamanan diri
  2. Benerin mobil sendiri
  3. Tinggalin mobil (tentunya) dikunci dong, terus cari bantuan di sekitar sini. 

Yang paling aman itu adalah, saat mogok ada teman atau kamu ga sendirian pas lagi naek mobil. itu biasanya bisa nge handle laju mobil dibelakang jadi ngerti kalo lagi mogok. terserah nepi atau enggak? (umpama) mau dibetulin sendiri, orang yang bersama kamu itu (sapa tahu)  bisa bantu.

Diposisi ini juga yang utama adalah mencari bantuan (kalau perlu) telepon panggil/suruh orang dorong/benerin mesin, kadang sangat diperlukan. intinya meskipun pas dibenerin tidak sempurna (soal itu), yang penting kamu pulang dulu deh, kalo udah pulang apa-apa tinggal enak, bener kan? Kamu

  • Note: Tips ini ada sedikit kemiripan saat kamu ngapepin persoalan: ban mobil kempes, sakit, ngantuk,dll. yang intinya mencari aman dulu deh, daripada ada apa2 dijalan.

 Tips Naek Mobil Keluar Kota

Kamu mau jalan ketempat jauh? padahal pengalaman nyetir baru seberapa? kalo sanggup dan ngerasa bisa nyetir dikeadaan aman sih, ini bisa dijadikan pengalaman kedepan. inget juga rata-rata orang yang udah pernah keluar kota (melihat) daerah/jalanan berbeda ditiap-tiap kota, akan bisa menambah skill buat pengendara, percaya gak?

Misalnya itu di Bogor, yang jalanan utamanya (masa kini) hanya terdapat 2 jalur saja, belum lagi ditambah Truk2 besar jalan berbarengan sering bikin macet dan bikin lambat. maka dari itu setelah kamu pulang nanti (pengalaman itu) bisa dibawa serta diterapin oleh kamu, dikota tempat kamu berada.

Perhatikan deh orang yang pernah keluar kota (apalagi sering), rata-rata dia udah ga canggung lagi ngadepin jalanan, karena faktor pengalaman tersebut. oleh sebab itu dalam urusan mengemudi nomor 1 adalah pengalaman dulu, bila jam terbang tinggi, mau kemana aja ga takut2 lagi. tanpa pengalaman (nekat) ditempat baru itu percayalah, akan beri kamu seseuatu yang beda atau bisa beri kamu kesulitan (kecil maupun besar) pasti ada aja deh, namanya juga ditempat baru.

Untuk nimba pengalaman yang bagus, demi keamanan (bukannya ngelarang) coba deh didampingi dulu sama yang udah ahli. setelah udah sampe baru deh tester diarea baru itu, rasakan gimana sih saat disana? mulai dari bentuk jalanan, orang-orangnya, jadikan pengetahuan untuk kamu.

Bila rasa nekat sudah tidak terbendung lagi dan kamu ingin ketempat baru itu tanpa pengalaman, boleh aja asal ada sesuatu yang perlu kamu perhatikan:

  • Jangan lupa membawa peta, tujuannya supaya ga tersesat. untuk peta dari HP, Tablet,dll juga bisa digunakan.
  • Cek kondisi kendaraan sebelum berangkat, servis2 dikit boleh deh
  • Cek perlengkapan Alat, seperti dongkrak, ban serep, bahkan kotak P3K,dll harus dipersiapkan terlebih dahulu dan ini bagus sekali, karena bila terjadi apapun tinggal “Ready”
  • Keuangan harus disusun lebih dulu, ini untuk apa,dll supaya teratur. ya ada pegangan lah istilahnya.  
  • Serta perlengkapan lain yang dibutuhkan 

Dengan melakukan persiapan terlebih dahulu, ini jauh lebih baik dibanding nafsu sesaat yang tiba-tiba susah ga punya persiapan apa-apa.

Langkah selanjutnya pas jalan, yang dilakukan kamu adalah adaptasi dengan lingkungan baru dan ini jangan dipandang remeh. tiap daerah itu berbeda, biar kata Michael Schumacher sekalipun, ditrek baru pasti ada penyesuaian dan practice, ga mungkin langsung GO!!!! begitu juga kamu.

Jangan lupa untuk patuhi aturan lalu lintas yang ada, kadang batas petunjuk jalan yang menyatakan harus gini-gini ada benarnya (bukannya cerewet), tapi demi keamaan kamu juga. begitu pula dengan tulisan ini (banyak aturan), tapi manjur bila dijalankan. ya semoga saja bisa membantu seseorang dalam berkendara.

 

 

 

 

 

 

Tentang wildanrenaldi

Hi Friend Welcome, thank to visit this Blog, enjoy yourself to Read Post or Comment, Please Enjoy, Thank You.
Pos ini dipublikasikan di Ilmu Pengetahuan, Info dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s