Kartu E Toll Itu Adalah

Berikut ini petunjuk lengkap memakai kartu E-Toll:
“Apa itu kartu Mandiri Prabayar?”
Kartu mandiri prabayar adalah kartu prabayar contactless/nirsentuh yang diterbitkan oleh Bank Mandiri.
Jenis kartu mandiri prabayar yang saat ini dimiliki oleh Bank Mandiri adalah GazCard, Indomaret Card, dan e-Toll Card.
“Apa yang dimaksud dengan e-Toll Card?”
Adalah kartu prabayar contactless smartcard yang diterbitkan oleh Bank Mandiri bekerja sama dengan Operator Tol. Saat ini operator tol yang telah bekerja sama yaitu Jasa Marga, Cipta Marga Nusaphala Persada, Marga Mandala Sakti dan Jalan tol Lingkar Luar Jakarta (JLJ). e-Toll Card digunakan untuk transaksi pemabayaran tol dan selanjutnya dapat digunakan untuk transaksi di luar merchant tol.
“Apa sajakah fitur-fitur e-Toll Card?”
Fitur e-Toll antara lain adalah sebagai pengganti uang cash untuk transaksi pembayaran tol, kartu dapat dipindahkan, saldo terdapat di kartu, dapat diisi ulang, memiliki saldo maksimal Rp. 1 juta dan saldo minimal Rp. 10 ribu.
“Apa manfaat e-Toll Card bagi pemegang kartu?”
  • Sebagai pengganti uang tunai
  • Transaksi pembayaran tol lebih cepat dibandingkan dengan menggunakancash
  • Dapat digunakan untuk transaksi di luar merchant tol (Indomaret, SPBU, beberapa mechant F&B, dsb)
“Berapa nilai perdana yang terdapat pada e-Toll Card?”
apabila pembelian dilakukan di Cabang Mandiri, outlet Indomaret di wilayah Jabodetabek, dan dkantor-kantor Operator Tol tertentu, denominasi kartu perdana bernilai Rp. 0 (nol) dan harus langsung diisi ulang dengan niali minimum Rp. 100 ribu.
“Dimanakah saya dapat membeli e-Toll Card dan mulai kapan dipasarkan untuk umum?”
e-Toll Card dapat dibeli di :
  1. Seluruh Cabang Bank Mandiri di Jabodetabek
  2. Outlet Indomaret di wilayah Jabodetabek
  3. Kantor Gerbang Operator Tol yaitu :

    • Kantor gerbang Cililitan (Jasa Marga)
    • Kantor gerbang Halim (Jasa Marga)
    • Kantor gerbang Kapuk (Jasa Marga)
    • Kantor gerbang Cengkareng (Jasa Marga)
    • Kantor gerbang Sunter (CMNP)
    • Kantor gerbang Serang Timur (MMS)
    • Kantor gerbang Merak (MMS)
    • Kantor gerbang Cilegon Timur (MMS)
    • Kantor gerbang Cilegon Barat (MMS)
e-Tool Card mulai dipasarkan untuk umum sejak Januari 2009
“Di ruas tol mana sajakah e-Toll Card dapat diterima untuk transaksi pembayaran?”
e-Toll Card dapat digunakan di ruas tol :
  • Cawang – Tomang – Cengkareng, pengelola tol yaitu Jasa Marga.
  • Cawang – Priok – Pluit, pengelola tol yaitu CMNP.
  • Cikupa – Anyer pengelola tol yaitu MMS.
  • Jakarta – Cikampek, khusus gerbang Pondok Gede Barat (PGB) dan Pondok Gede Timur (PGT), pengelola tol Jasa Marga.
  • Rorotan – Veteran (JORR), pengelola tol JLJ.
Untuk mempermudah menemukan ruas tol yang yang sudah dapat menerima transaksi e-Toll Card, temukan tanda e-Toll Card di pintu-pintu gerbang tol.
“Berapa lama masa berlaku e-Toll Card?”
Tidak ada masa berlaku kartu
“Apakah e-Toll Card mempunyai expired date?”
Tidak, namun apabila dalam jangka waktu 12 bulan (1 tahun) kartu tidak digunakan untuk transaksi isi ulang ataupun pembayaran/purchase, maka Pemegang Kartu akan dikenakan biaya administrasi Rp. 10 ribu (dapat berubah sesuai ketentuan yang berlaku) pada saat pengaktifan kembali.
Kartu tetap dapat digunakan.
“Apakah ada nilai minimum transaksi pembelanjaan dengan menggunakan e-Toll Card?”
Tidak ada minimum transaksi untuk pembelanjaan dengan e-Toll Card.
“Apakah e-Toll Card sudah dapat digunakan di Indomaret dan merchant lainnya?”
Untuk saat ini e-Toll Card sudah dapat digunakan di SPBU tertentu yang telah bekerjasama dan seluruh outlet Indomaret ataupun merchant lainnya yang bertanda mandiri prabayar.
“Dan apakah GazCard serta Indomart Card dapat digunakan untuk transaksi pembayaran tol?”
GazCard dan Indomaret Card tidak dapat digunakan untuk bertransaksi pembayaran tol.
“Bagaimana cara isi ulang (top up) e-Toll Card?”
Nasabah dapat melakukan transaksi isi ulang (top up) e-Toll Card di EDCmandiri prabayar, e-Banking (mandiri Internet, mandiri SMS, mandiriATM) atau secara tunai di Cabang Bank Mandiri dan seluruh outlet Indomaret.
Khusus untuk transaksi isi ulang (top up) melalui mandiri e-Banking, Pemegang Kartu harus melakukan proses Update Saldo di EDC mandiriprabayar, kecuali di ATM Non-Tunai yang telah dilengkapi reader dapat langsung meng-update saldo kartu (isi kartu langsung bertambah).
“Di lokasi mana saja Pemegang Kartu dapat melakukan isi ulang e-Toll Card di EDC?”
Pemegang Kartu dapat melakukan isi ulang e-Toll Card di :
  • Seluruh Cabang Bank Mandiri di Jabodetabek dan cabang Bank Mandiri tertentu di luar Jabodetabek
  • Seluruh outlet Indomaret
  • Self Service Terminal (SST) mandiri prabayar isi ulang
  • Kantor Gerbang Operator Tol yaitu :
  • Kantor gerbang Cililitan (Jasa Marga)
  • Kantor gerbang Halim (Jasa Marga)
  • Kantor gerbang Kapuk (Jasa Marga)
  • Kantor gerbang Cengkareng (Jasa Marga)
  • Kantor gerbang Sunter (CMNP)
  • Kantor gerbang Serang Timur (MMS)
  • Kantor gerbang Merak (MMS)
  • Kantor gerbang Cilegon Timur (MMS)
  • Kantor gerbang Cilegon Barat (MMS)
Lokasi Isi Ulang e-Toll Card
E-Toll Card dapat diisi ulang (top up) dengan pilihan nominal Rp 50.000, Rp 100.000, Rp 200.000, Rp 300.000, Rp 500.000 atau nominal lainnya sesuai keinginan. Isi ulang dapat dilakukan dengan kartu mandiri debit di beberapa lokasi berikut :
Tabel Daftar Lokasi Isi Ulang e-Toll Card
No
Lokasi
Alamat
1.
Kantor Pusat Jasa Marga
Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah Jakarta 13650; Kotak POS 4354, Jakarta 12043
2.
Cabang Cililitan Jasa Marga
Plaza Tol Cililitan, Jl. Cililitan Besar, Jakarta 13510
3.
Gerbang Tol Cengkareng Jasa Marga
Kantor Gerbang Tol Cengkareng (arah Bandara – Jakarta)
4.
Gerbang Tol Kapuk Jasa Marga
Kantor Gerbang Tol Kapuk
5.
Gerbang Tol Halim Jasa Marga
Kantor Gerbang Tol Halim
6.
Lobby Gedung CMNP Sunter
CMNP Building, Jl. Yos Sudarso Kav 28, Jakarta 14350
7.
Lobby Kantor MMS Karawaci
Karawaci Office Park Blok H No. 66-68 Lippo Karawaci – Tangerang
8.
Lobby Kantor Cabang MMS Serang
Kantor Cabang Tol Serang
9.
Ground Floor Kantor Pusat Bank Mandiri
Jl. Jend Gatot Subroto Kav 36-38, Jakarta Selatan 12190
10.
Kantor Cabang Bank Mandiri
Jabodetabek
11.
Merchant Bank Mandiri
Indomaret dan SPBU (mulai 15 Maret 2009)
Demi kenyamanan Anda, kami sediakan sarana isi ulang yang lengkap melalui mandiri e-banking. Metode isi ulang dilakukan 2 tahap yaitu proses pembayaran (pendebetan rekening) dan proses pengisian (memindahkan uang Anda ke fisik e-Toll Card) sebagai berikut :
No
Sarana Isi Ulang
Lokasi
Pembayaran
Pengisian
1.
EDC
Cabang Bank Mandiri, Operator tol, Indomaret, SPBU
2.
Mandiri Internet
Dimana saja
Cabang Bank Mandiri, operator tol, indomaret, SPBU
3.
Mandiri SMS
Dimana saja
4.
Mandiri Call*)
Dimana saja
5.
Mandiri ATM*)
4.100 ATM
*) Mulai 1 April 2009
“Di lokasi isi ulang mana sajakah saya dapat melakukan isi ulang (top up)secara tunai?”
Di seluruh outlet Indomaret dan di kantor Cabang Bank Mandiri.
“Berapa biaya/fee yang dikenakan untuk transaksi isi ulang e-Toll Card?”
Saat isi ulang e-Toll Card atau mandiri prabayar lainnya tidak dikenakan biaya (dapat berubah sesuai ketentuan yang berlaku).
“Berapa nilai maksimum untuk isi ulang e-Toll Card?”
Nasabah dapat melakukan isi ulang seniai nominal yang diinginkan, selama tidak melebihi nilai maksimum saldo kartu e-Toll Card, yaitu Rp 1 juta.
“Berapa nilai minimum untuk isi ulang e-Toll Card?”
Tidak ada nilai minimum isi ulang e-Toll Card.
“Apa yang dimaksud dengan layanan Mandiri Prabayar melalui Mandiri Internet?”
Nasabah dapat memperoleh layanan mandiri prabayar (GazCard, Indomaret Card, e-Toll Card) melalui mandiri internet, yaitu untuk transaksi isi ulang (top up) baik Single Top Up maupun Mass Top Up
“Kemana saya harus mengakses Mandiri Internet?”
Anda dapat mengakses www.bankmandiri.co.id
“Bagaimana caranya agar saya dapat melakukan transaksi e-Toll Card melalui Mandiri Internet ?”
  • Anda harus memiliki rekening Mandiri Tabungan/Mandiri Giro.
  • Anda harus terdaftar sebagai user mandiri internet (pendaftaran melalui ATM/Cabang).
  • Setelah Pendaftaran di ATM/Cabang lakukan pembuatan USER ID & Password di website Bank Mandiri (menu aktivasi pengguna baru).
  • Anda harus mempunyai Token Mandiri (diperoleh melalui cabang).
“Bagaimana caranya agar saya dapat melakukan transaksi e-Toll Card melalui Mandiri SMS?”
  1. Untuk transaksi Cek Saldo melalui mandiri sms, Anda tidak perlu menjadi nasabah Bank Mandiri atau tidak perlu menjadi user mandiri e-Banking.
  2. Untuk transaksi isi ulang (top up) :

    • Anda harus memiliki rekening tabungan/giro Mandiri.
    • Anda harus terdaftar sebagai user mandiri sms dengan kode layananSMS01.
“Apakah nomor e-Toll Card saya harus didaftarkan terlebih dahulu di ATM/Cabang?”
Tidak perlu.
“Transaksi e-Toll Card apa saja yang bisa saya lakukan melalui layanan mandirisms?”
Melalui layanan mandiri sms, Anda dapat melakukan:
  1. Isi ulang (top up) dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :Pengecekan perkiraan saldo mandiri prabayar, sedangkan untuk mendapat informasi saldo terkini pemegdang kartu dapat melakukan pengecekan saldo di mesin EDCkartu prabayar yang ada diMerchant/Cabang

    1. Ketik SMS dengan format ISI<spasi>pre<spasi>list rekening<spasi>no kartu Mandiri Prabayar<spasi>nominal isi ulang<spasi>Contoh : Isi pre 1 6032982000123456 10000
    2. SMS dikirimkan ke nomor 3355
    3. Anda akan menerima SMS PIN Challenge dari 3355
    4. Apabila transaksi berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi SMS transaksi berhasil
    5. Setelah transaksi berhasil, pemegang kartu wajib melakukan update saldo di kartu mesin EDC kartu prabayar yang tersedia diMerchant/Cabang
“Nominal berapa saja yang terdapat pada Layanan Isi Ulang mandiri prabayar melalui mandiri internet dan mandiri sms ?”
Pemegang Kartu dapat melakukan isi ulang senilai nominal yang dinginkan, selama tidak melebihi nilai maksimum saldo kartu mandiri prabayar, yaitu Rp 1 juta.
“Kapan waktu pelayanan transaksi e-Toll Card melalui mandiri internet danmandiri sms?”
24 jam sehari, 7 hari seminggu.
“Setelah melakukan isi ulang melalui mandiri internet dan mandiri sms, apakah saldo yang ada pada e-Toll Card langsung bertambah?”
Tidak, sehubungan saldo tercatat di kartu, maka setelah pengisian ulang melalui mandiri internet atau mandiri sms, Pemegang Kartu wajib melakukan Update Saldo di Mesin EDC Cabang/Merchant terdekat yang menyediakan EDC Prabayar.
“Bagaimana Cara melakukan Update Saldo e-Toll Card pada mesin EDC?”
  • Pilih menu “Prepaid”
  • Pilih menu “Update Saldo”
  • Letakan kartu Mandiri Prabayar di “mesin reader/dongle” dan secara otomatis sistem akan melakukan penambahan saldo di kartumandiri prabayar
“Dimana sajakah Update Saldo e-Toll Card dapat dilakukan?”
Saat ini Update Saldo e-Toll Card sudah dapat dilakukan di :
  • Seluruh kantor cabang Bank Mandiri di Jabodetabek dan cabang Bank Mandiri tertentu di luar Jabodetabek
  • Self Service Terminal (SST) mandiri prabayar isi ulang
  • Seluruh outlet Indomaret
  • Outlet Alfamidi/Alfaexpress di wilayah Jabodetabek
  • SPBU Pertamina tertentu yang telah bekerja sama
  • Kantor Operator Tol tertentu
“Apabila e-Toll Card hilang/dicuri, apakah Bank dapat memblokir kartu?”
Bank tidak dapat memblokir kartu yang hilang/dicuri, dan Bank tidak mengganti sisa saldo kartu hilang/ dicuri, karena saldo e-Toll Card terdapat di kartu, sifatnya sebagai pengganti uang cash, dapat dipindahtangankan dan transaksi pembelian dilakukan offline.
“Bagaimana jika saya melakukan isi ulang (top up) melalui mandiri internet danmandiri sms gagal, rekening tabungan sudah terdebit tapi saldo e-Toll Card tidak bertambah?”
Pemegang Kartu dapat menghubungi cabang terdekat dan/atau menghubungi langsung mandiri call 14000 atau 021-52997777 untuk menyampaikan keluhannya.
Keluhan Pemegang Kartu harus disertai dengan bukti Histori Tansaksi e-Toll Card.
“Bisakah saya melakukan purchase/sale dengan menggunakan e-Toll Card melalui mandiri internet dan mandiri sms?”
Tidak, karena kartu mandiri prabayar bersifat contactless/nirsentuh, maka untuk dapat melakukan transaksi Purchase kartu harus ditempelkan ke Mesin Reader/Dongle di EDC Merchant.
“Apa yang harus dilakukan apabila pengendara mengalami pendebetan lebih dari satu kali di gerbang tol?”
Apabila Pemegang Kartu melakukan komplain di gerbang tol, maka petugas tol melakukan pencetakan histori transaksi, dengan melihat data tanggal dan jam transaksi, apabila terdapat pendebetan dalam waktu tidak lama, maka petugas dapat melakukan penggantian untuk kelebihan pendebetan tersebut berdasarkan petty cash yang tersedia.
Petugas tol kemudian mencatat keluhan ini untuk selanjutnya disampaikan kepada Kantor Cabang Operator Tol.
“Apa yang harus dilakukan apabila kartu tidak dapat digunakan dan pelanggan komplain di gerbang tol?”
Petugas tol melakukan pengecekan di EDC yang tersedia di kantor gerbang.  Apabila kartu memang tidak dapat dibaca oleh reader, maka petugas tol mengarahkan Pemegang Kartu untuk menghubungi cabang Bank Mandiri terdekat.
“Apabila terdapat keluhan selain di atas, apa yang harus dilakukan?”
Pemegang Kartu dapat melaporkan keluhan tersebut ke Call Center Bank Mandiri di 14000 atau 021-52997777.

Tentang wildanrenaldi

Hi Friend Welcome, thank to visit this Blog, enjoy yourself to Read Post or Comment, Please Enjoy, Thank You.
Pos ini dipublikasikan di Info dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s