100% Ampuh Naik Motor

Tahu kan jakarta ato di tempat lain nya di indonesia. kebanyakan  kalo pagi, siang, sore, malem (kecuali malem malem banget) pasti gak jauh2 dari yang nama nya macet….macet…dan macet. coba deh elo lagi bawa motor di terik matahari, bayangin kalo lagi macet, bayangin juga kalo di tambah banjir, wah gak kebayang deh gimana rasa nya tuh?

Hal itu  sih udah hal hal yang sering dialami pengemudi motor manapun di jakarta, di seluruh ibukota di indonesia ato bahkan di seluruh dunia. nah berikut ini tips nya buat elo yang bawa motor. gimana elo bisa nyetir, nyalip, ngebut dengan aman? dan elo juga tahu apa yang elo lakuin saat lagi macet dan banjir dan juga tips tips lainnya, supaya elo bisa enjoy dan aman pas elo lagi naek motor elo di jalan…ini dia tips nya:

*Tips Naek Motor Di Lampu Merah*

Kalo elo ga sabaran, timbul deh nama nya mau jalan duluan, apalagi lampu merah jaman sekarang kan ada detik nya (biasanya ditaro bawah, atas, samping) lampu merahnya.  kalo detik nya lama (misal nya) 160 detik, kan bisa bikin elo BT banget nungguin. dalam posisi itu yang harus elo lakuin adalah:

  • jangan maju sendirian, ato maju ketengah2, jalan sendirian (kecuali elo lihay bisa ngelos) kalo engak? karena ini bisa akan buat kendaraan laen yang udah mau maju jadi kehalang elo, yang parah nya lagi, bisa elo bisa ketabrak (kalo lagi sial)

  • tips yang ampuh adalah, bareng maju sama motor motor lainnya. biasanya kan ada rombongan motor dari lampu merah, maju serentak rame rame. pas udah rame rame itu elo harus maju juga ke depan (cara ini nekat, melanggar peraturan, kerena lampu belom hijo) tapi dengan begini elo bisa ngirit waktu dari pada elo harus patuh peraturan, nungguin lampu merah yang lamaaaa banget. cara ini ampuh banget buat elo yang mau cepet lewatin lampu merah. tapi kalo elo gak mau ikutin cara itu gpp (ya tergantung orang nya juga sih) ya sabar aja nungguin lampu merah jadi ijo.

  • Kalo elo mau nekat, ada juga kok cara nya: elo maju aja ke tengah jalan, cari dulu posisi aman di tengah-tengah jalan (jangan ampe ketabrak). setelah elo udah disana dan kira-kira diarea kendaraan lain, jalan lagi kosong ato ada peluang untuk motor maju (feeling lo yang lebih tahu) elo maju aja dengan kecepatan lumayan kenceng. lalu masuk kejalanan yang elo mau tuju.

  • *dengan catatan gak ada polisi*

Kalo elo orang nya sabar gak mau ngikutin cara diatas dan setia dengan peraturan pemerintah dan dinas perhubungan juga ada tips nya bro:

  • Pertama: motor elo pastiin bisa berhenti di lampu merah (Lamer) dengan posisi gak terhalang kendaraan di depan, soal nya, kalo udah ijo pas mau maju, takutnya kendaraan laennya pada lelet, ya keburu merah lagi deh. pastiin stop di Lamer dengan posisi yang bisa langsung untuk maju, tanpa terhalang laju kendaraan laen.

  • Kedua: jangan lengah nungguin lamer, seperti matiin mesin motor, karena bisa bikin lambat untuk maju nantinya, di starter dulu (malah di tin tin nin dari belakang bro). biarin aja nyala terus. maenin hape, bisa bikin lama juga, pas udah ijo…eh elo masih berhape hape hape ria ato elo benggong ngeliatin cowok/cewek di pinggir jalan,dll. yang pasti nya, elo harus jangan lambat majunya.

  • Ketiga: Sabar jangan kebawa emosi, kalo elo ada masalah kan bisa sedikit sabar ngadepin namanya lamer. kan bukan kita aja yang mau jalan bro (orang juga kan) kalo elo gak sabaran orang laen pasti ada juga yang ga sabaran (sama juga kaya elo)

*Tips Kalo Lagi Hujan (Deras Ato Enggak)*

Hujan emang bikin kesel kalo kita lagi naek motor. no worry bro ini tips nya:

  • Pastiin elo beli dulu jas hujan, cara beli nya, beli aja di pinggir jalan, harganya pun bisa lebih murah dari pada di toko (harga 75 bisa jadi 35). tergantung elo jago jago nawarnya (udah lah lay segini aja..bla bla bla…sip). pas udah beli, taro deh jas hujan itu di bawah jok motor. kalo motor loe bebek, bisa di taro di balik jok. kalo motor kopling juga bisa kok (ya pokok nya taro yang menurut elo enak) inget..dimana pun elo berada elo harus inget yang namanya cuaca. cuaca itu gak bisa permisi, tiba-tiba hujan, jan dan jan….jan…jan tega banget kau hujan he he he.

Kalo elo udah liat (tanda nya) sebelum hujan itu biasanya jadi mendung, gerimis sedikit ato awan jadi gelap. kalo udah begini elo berati siap ngeluarin jas hujan elo (kecuali tiba tiba jadi cerah lagi) yg pasti elo, harus siap ngadepin hujan deras (tanda mau hujan biasa nya, kalo udah mendung pekat di awan) langkah yang bagus adalah:

  • jangan males buat berhenti! jangan males untuk neduh, kalo perlu masuk gang, kerumah orang kek, buat elo pasang tuh jas hujan. Jangan nekat entar entaran aja, males tuh pake jas hujan, eh tahu-tahu elo ke hujanan (kasihan kan barang elo juga basah) gara gara elo nekat lawan hujan.

Langkah yang bagus buat nyetir saat hujan adalah:

  • Elo jangan pernah untuk ngebut..minimal ya 20 – 30km aja (kalo mau nekat jg gpp sih, asal gak slip aja karena jalanan licin).

  • Yang kedua jangan pernah jauh-jauh pencet rem di setiap saat, belok maupun lurus. juga harus waspada tahu untuk waktunya nginjek rem.

  • Kalo motor loe bebek kan di tangan kiri rem, jangan pernah dilepas dari tangan kiri elo. begitu juga dengan injek rem bawah (rem belakang) kalo kecepatan elo gak ngebut (alias slow slower, asal selamat) ditambah elo waspada untuk ngerem setiap saat, di jamin, elo bisa aman dijalan walaupun hujan deras sekalipun (kalo elo mau berdoa juga boleh kok).

*Tips Terhindar Dari Kemacetan Dan Saat Macet*

Tips yang pertama pastiin arah jalan itu macet ato enggak:

  • Untuk mastiin itu macet, biasa gini: kalo jalan di sono (umpamanya) pasti macet, biasa nya udah keliatan dari cara kendaraan laen berbondong bondong mau ke jalan itu. untuk hindarin nya adalah jangan pilih jalan itu

Cara yang ampuh bisa terhidar dari jalanan macet adalah:

  • Pilih aja jalan alternatif yang bisa potong jalan. sekali lagi di ingat kan jangan males masuk masuk gang, jalan umum, ato jalan tikus yang kira kira gak macet biar bisa potong jalan. biar aja jalan sempit kok, kan ujung ujung nya elo dapet diskon dari kemacetan tadi. kenapa harus rela bermacet macet ria?

Biasanya kalo ada jalan jalan motong untuk elo lalui tapi elo gak mau ambil jalan itu, jawaban nya pasti satu deh (males ah muter muter) lebih baik muter-muter tapi gak macet, ato lurus itu macet? pilih aja (terserah elo)

Tips buat  elo ngerasa baru di daerah itu tips nya adalah:

  • Jangan malu untuk tanya sama coy, mas, bang, pak ato sama siapa pun (yang kira kira tampangnya) udah tahu daerah sekitar itu. tanya aja jalan pintas itu ato kalo yang jalan ini (yang motong tadi) itu nembus nya kemana ya? terus lewat mana yang cepet? pokok nya elo bisa dapet petunjuk deh…kalo elo tanya sama orang di jalan (gratis pula) untuk bisa nembus ke jalan yang elo mau tuju.

  • Rata rata orang mau kejebak macet karena males untuk bereksperimen cari jalan sekitar, yang padahal dia abaikan tuh jalan (gak tahu ato pura pura gak tahu?) jalan pintas itu adalah jalan yang paling ampuh buat terhindar dari macet dan ngak bermacet macet ria.

Kalo elo emang udah terjebak dikemacetan ini ada tips nya:

  • Kalo elo udah masuk di area macet dan kejebak macet, usahain bisa maju ke arah kanan aja, jangan minggir ke kiri biasanya (motor laen ngincer juga tuh jalan) jalan aja ke sisi kanan (emang sih tempat nya mobil) tapi lumayan bisa lancar dan (bisa juga stuck) tergantung situasinya. kalo jalan di tenggah itu sih pasti banyak motor yang lewat.

  • Kalo elo gak mau stuck, kan bisa jalan sisi trotoar biasanya ini bisa bikin jalan elo lebih cepet. tapi hati hati (ke jeblos got loh) apa lagi kalo itu banjir.

  • Yang terpenting kalo elo udah kejebak macet, di area macet itu adalah feeling nyetir gocek-gocek elo (kaya Lionel Messi) itu penting banget untuk di keluarin.

*Tips Terhindar Dari Banjir Dan Saat Banjir*

Kalo elo udah ada di antara banjir di sebuah jalan, yang elo harus lakuin pertama adalah:

  • Menghidar dari namanya jalanan yang banjir itu. cara nya biasanya gini: elo harus lihat genangan air yang ada di sisi-sisi jalan elo lalui (banyak gak genangan airnya)  kalo banyak, biasa nya di tempat laen ada pasti ada banjir yang lebih parah dari pada disini  (tergantung juga sih jalan nya sih) tapi kalo cuma genangan air doang, di sononya gak banjir sih….itu bagus.

Tanda tanda genangan air itu adalah: tanda kalo ada banjir di jalan laen (Biasa nya sih begitu) kalo elo ngerasain tanda tanda tadi dan elo ragu gak mau lewat sono. yang elo harus lakuin adalah:

  • Ngubah rute lain (caranya hampir sama seperti Tips Terhindar Dari Kemacetan) kalo elo udah ngerasa bisa selamat dari banjir, jangan langsung ketawa ha ha ha ria dulu bro. yang pasti cari jalan aman setelah banjir sih 60 persen: elo itu pasti gak bakal jauh – jauh dari namanya kena genangan aer di jalan, belokan (biasanya di jalan tanah) cipratan aer,dll kalo elo gak beruntung (pasti nya kendaraan elo harus di Steam, kalo mau bersih lagi) tapi itu lebih baek dari pada elo harus berbanjir – banjir ria.

Kalo terpaksa udah masuk ke area banjir yang harus elo lakuin adalah:

  • Pertama elo jalan pelan aja (jangan ngebut) karena bisa buat motor cepet masuk aer banjir, ke mesin mesin kendaraan elo (motor elo bisa seketika mati) itu sih bisa terjadi.

  • Kedua kenapa elo harus jalan pelan pelan? (selain elo nyipratin orang) kalo pelan-pelan nantinya bisa waspada untuk cari jalan, yang kira kira bisa maju dengan cepet.

  • Ketiga adalah gulung tuh celana loe (untuk hindari celana basah) biasanya kan, kalo naek motor, kaki kanan dan kiri bisa sebagai penopang pas motor udah jalan. cara ini bagus untuk nyimbangin kendaraan elo, saat nerobos area banjir (parah gak parah) biasa nya sama aja.

  • Keempat adalah kalo udah gini, elo harus jalan di tengah tengah jangan di pinggir banget. kalo lagi macet + banjir terus elo keluar dari jalur jalan, itu bisa bahaya. karena bisa aja kan, di luar jalur jalan ada got, comberan, trotoar (kan elo gak tahu) namanya juga jalanan di tutupin aer kan? selain itu juga untuk bisa ngindarin dari kejadian yang aneh-aneh deh.

  • Kelima ikutin rombongan motor yang juga mau jalan maju, karena dengan ikutin rombongan motor tadi, elo udah ngerasa ke guide sama mereka, istilah nya sama sama mau lewatin banjir kan?

  • Keenam kalo banjir ini bener – bener parah motor elo mati gak bisa nyala lagi. yang harus elo lakuin adalah minta bantuan orang laen, warga sekitar, polisi, orang lewat ato siapa aja, yang pasti kira-kira yang bisa bantu elo (elo jangan malu malu kucing) kalo emang di sono, ada gerobak angkut, bayar aja dia (paling juga berapa?) enak nya naek gerobak angkut ini salah satunya adalah (soal mati gak mati motor elo) selain motor aman dari rasa banjir, elo juga di gotong naek gerobak, layaknya…raja naek kereta kuda he he he.

*Tips Kalo Elo Laper, Haus, Kebelet Kencing Dan BAB* 

Ini cara yang berguna kalo ngadepin hal seperti itu:

  • Kalo laper dan haus (inget duit di dompet tinggal berapa?) kata orang kan kalo mau irit jangan makan di luar (lumayan kan duit buat makan tadi) mending buat apaan kek, bensin ato beli apa aja yang kira kira bisa lebih berguna.

  • Kalo elo udah hungry banget gak bisa di tahan, elo harus kurangi kecepatan motor elo, karena elo bisa mantau cari tempat makan ato warung di sekitar. yang elo kira murah (tapi kalo mau ngirit) untuk elo berhenti makan. kalo mau mantau cara tempat makanan, jangan lupa liat kanan – kiri dulu dari jauh, kira kira cocok ma selera kita baru ke tempat situ. jangan tiba tiba berhenti (bisa di tabrak mendadak)

  • Tapi kalo elo lagi daerah sepi gak ada tukang makanan (umpanya) yang pasti jangan ngebut untuk buru buru cari makanan (pastiin keamanan elo juga) langsung aja menuju ketempat yang rame (biasa nya tempat yang rame, itu pasti ada makanan kok) kira kira apa: pasar, kaki lima tempat jualan apapun (kalo di jakarta ato di kota lain nya) kalo ada tempat rame yang banyak orang, pasti ada kok tukang makanan (elo jangan khawatir deh, kehilangan stock makanan bro) yang pastinya ada biaya untuk makan. janganlah mengantut sistim sepakbola Liga inggris Hit And Run (abis makan terus ngabur he he he)

Tips Kalo haus:

  • Elo bisa aer beli warung di pinggir jalan yang jualan minuman (kalo mau irit) beli aja aqua kecil (500 perak) itu udah cukup kok ngilangin dahaga. Tapi kalo elo mau minuman manis yang bikin segar, bisa juga kok (biasanya harganya juga tambah bro) minuman itu, bisa juga kok di bawa pas lagi jalan (kl minum di tempat, biasanya udah di jalan haus lagi) kali beli terus dibawa, taro aja minuman itu di tempat minuman motor (biasa nya kalo motor bebek, ada tempat buat taro minuman) kalo gak ada kan bisa di tas, ato jaket (terserah elo naro nya).

Tips kalo elo kebelet pipis, kencing ato BAK itu ada 2 cara, aman dan gak aman:

  • kalo yang aman bisa di tempat khusus di wc umum, ada juga kok wc ada dipom bensin, kalo situasi mendesak kan bisa aja masuk ke pasar ato ke tempat perbenjaan yang ada WC nya. ato di tempat mana aja yang ada WC umum nya, yang elo kira-kira aman untuk pipis.

Kalo mendesak banget ya bisa pake cara gak aman:

  • Elo bisa pipis di pinggir jalan, di balik pohon, di tembok 2, di sawah-sawah ato dimana aja (tapi pastiin dulu daerah itu sepi dan aman) hati hati kl lagi kencing ada cewek lewat (he he he di sangkah elo gila loe ato pelecehan deh, he he he)

Kalo mau BAB (apapun sebutannya) ini ada tips nya:

  • Emang susah nih untuk urusan yang satu ini, pastiin elo bisa nahan itu. terus elo cari deh tempat yang ada WC nya buat elo BAB. takutnya kalo elo gak bisa tahan (bisa luber tuh deh he he he) kalo lagi dalam situasi begini, elo jangan pernah anggap remeh ato elo abaikan gitu aja dengaN cara nahan (sampe kapan sih bisa tahan?)

  • Elo bisa cari WC umum ato di tempat khusus lainnya. kalo bener bener kebelet BAB (numpang di rumah orang juga bisa kan), tapi kalo udah kebelet banget….dengan rasa diri yang tidak tertahan dan elo gak temuin WC umum dimanapun. dengan terpaksa sekali, elo bisa aja kan di pinggir2 tempat yang sepi ato di area sepi (pastiin dulu beli aqua sedeng sama sabun mandi…kalo sempet) ato bisa juga pake tisu. he he he ada ada aja.

*Tips Kalo Sakit Lagi Bawa Motor*

Sakit apa aja pilek, batuk, sakit gigi,dll apa pun itu, pastiin elo beli obat buat ngobatin elo sementara, tergantung penyakit apa dulu? kalo elo emang mau minum obat, saat nyetir ini tips nya:

  • Pastiin juga jangan beli obat yang bikin nguantuk…kalo cuma obat itu yang di jual (minum aja sedikit)

  • Kalo obat berbentuk tablet potek aja setengah, sepertiga, kalo full biasanya bisa bikin elo ngantuk.

  • Kalo kapsul buka dulu dalem nya buang aja setengahnya terus minum deh.

  • Kalo bentuknya cair, minum aja setengah ato sedikit, lagi pula kan gpp kan minum sedikit drpd elo teler di jalan.

  • yang pasti obat yang bikin ngantuk kalo di minum full itu gak baik untuk nyetir motor (biasa nya begitu) kalo elo mau minum full tapi bisa nyetir dengan baek (monggo ajo)

  • Kalo elo gak bisa beli obat (karena situasi nya) elo harus hati hati dan waspada kalo bawa motor (pastiin jangan ngebut dulu) kalo gak tahan, bisa nepi dulu aja. jangan males untuk nepi (ato sok) ngerasa tanggung, dikit lagi…ato apa kek. yang pasti itu semua gak bagus buat keamanan elo.

  • Kalo emang bener bener emergency banget, elo bisa minta tolong, minta bantuan orang laen ato warga sekitar (ga usah malu) sapa tahu mereka bisa tolong elo, pastiin elo harus ngeluarin biaya sama orang yang mau bantu elo, timbal balik istilah nya. keistimewaan di tolong orang laen salah satu nya adalah (kalo yang nolong itu cewek/cowok lumayan cakep) kan bisa kenalan tuh…sapa tahu jodoh he he he.

  • Pastiin kondisi kesehatan elo sehat dulu (bisa sehat) sebelum elo nyetir (soalnya nyetir) dalam keadaan sakit bikin konsentrasi nyetir elo jadi terganggu, akibat nya bisa fatal di jalan. waspada lah dan hati hati.

*Tips Kalo Kelelahan, Capek, Ngantuk (Biasa Ato Berat)

Kalo lagi bawa motor Ngatuk, Capek Ato apapun namanya, inget konsentrasi elo jadi terganggu. hal itu bisa berakibat fatal kalo gak hati hati. Langkah pertama kalo elo ngalamin ini adalah:

  • Kalo elo kelelahan setelah elo lama di jalan adalah bisa berhenti sejenak (apa, ngapain kek) maen handphone, ngerokok ato bengong liat jalan sekitar. tujuan nya adalah biar syaraf elo gak lelah karena terus jalan (sekalian juga) buat kendaraan elo adem setelah panas.

  • Ato elo bisa nepi di warung warung dulu, ato tempat duduk, di pinggir2 jalan. tempat yang asyik buat ngaso adalah jalan umum (bukan jalan raya) karena di sono kan banyak rumah penduduk, yang biasanya nanti elo bisa ngaso dimasjid/mushola, di pos satpam,dll (terserah aja yang penting elo bisa ngaso) setelah stamina elo terkumpul (kira kira bisa lanjutin penjalanan) baru deh jalan lagi. tips ini juga bisa saat elo ngantuk ato capek banget.

Masjid/mushola tempat yang asyik elo bisa tidur untuk waktu singkat (bukan berati elo ga ibadah loh) istilah nya elo bisa tidur ato ngelepas lelah di sana (sekalian religi) setelah elo pastiin kendaraan, sendal dan sepatu elo aman. pastiin juga izin sama yang jaga tempat itu, supaya bisa istirahat dengan tenang (jangan masuk gak pake izin) di tanya tanya (disangkah mau ngambil kotak amal he he he).

  • kalo elo gak mau pake cara ini bisa pake cara laen yang pasti elo harus ngabisin waktu untuk berhenti, kan bisa ngaso di rumah temen, juga bisa sekalian silaturahmi. kalo umpamanya rumah temen loe gak ada di sekitar sini, jauh dari sini dan elo bener-bener kecapean banget…kan bisa sewa losmen ato sejenis penginapan murah yang paling sejam, dua jam, harganya 20.000 – 30.000 ribuan. (asal jangan mesum aja di sono he he he)

Ya pokok nya kalo elo  Kalo Kelelahan, Capek ato Ngantuk istirahat dulu sejenak. jangan males (ah tanggung) karena keselamatan elo gak terjamin kalo elo bener bener capek. kalo gak ada waktu buat ngaso, hati hati aja dan waspada, tetep liat area jalan sekitar jangan meleng liat yang laen, yang pasti tetep konsentrasi saat berkendara.

*Tips Nyetir Ngebut, Nyalip + Belok*

Ini adalah cara terindah untuk cepet, tapi juga cara tercepat menuju kecelakaan, jatuh ditempat atau (semoga enggak deh) bisa mati. elo harus hati hati mengambil keputusan yang  sangat penting ini, gimana elo belok, nyalip kendaraan depan, itu semua ada perhitungan nya bro, jangan asal-asalan aja (bisa berabeh koe) langkah pertama saat ngebut adalah

  • Pastiin elo sadar KM elo brapa? kalo KM elo udah 60 – 70 berati udah gigi 3 ato gigi 4 empat keatas, yang pasti dengan kecepatan itu elo jarang bisa stabil (apa lagi motor bebek) itu ringan pastinya, bisa melayang di angkasa he he he.

  • Kalo moge (motor gede) lumayan bisa nyimbangin. tetapi inget juga objek di depan di samping kiri dan kanan, apa elo bisa elo handling?dengan cara begitu, yang pasti nya harus balance antara gas dan rem dong. inget cara gampang untuk terhindar dari (hal yang engak engak) biasanya bisa ngepas pas lagi ngerem.

Ngerem pas lagi ngebut juga ada tipsnya nih:

  • Elo harus liat jalan di depan kira kira jarak nya dari elo ngerem plus ngebut, itu aman gak? kalo bisa bikin motor elo berhenti di saat yang tepat? itu bagus. tapi kalo elo gak memperhitungkan jarak antara elo ngebut dan ngerem dan elo kehilangan handling nanti nya (elo bisa ngesot di jalan ato nabrak) hati hati.

  • Pastiin Rem elo pakem, jangan lupa diganti ampas rem loe dan isi juga minyak rem (biasanya buat yang kopling) supaya elo bisa ngerem aman di situasi apapun

  • Pastiin elo bisa balance antara rem depan dan rem belakang, dengan sekali ngerem udah bisa langsung berhenti (ini bagus banget) soalnya kan kita gak tahu kan apa yang terjadi kalo lagi ngebut, di depan kita tiba tiba ada yang bisa bikin elo celaka. dengan cara ngerem serentak depan dan belakang, elo udah siaga untuk berhenti di waktu yang tepat.

Ngebut itu (boleh aja kok) yang terpenting elo waspada ngelihat daerah jalan sekitar dan elo bisa ngindar dan ngerem di waktu yang tepat? (kalo elo gak yakin itu bisa) elo bisa kurangi kecepatan nya dengan cara, lepas aja gas elo dan langsung rem. ngelepas gas itu adalah ngerem juga (istilah nya) kalo bisa di imbangi dengan rem.

Tips cara nya nyalip juga ada nih:

  • Nyalip tu sih harus (maen feeling) ini kira kira bisa gak di salip, jangan maen asal salip aja kalo posisi motor elo gak aman.

  • Kalo Nyalip dari sisi kanan yang terpenting elo harus lihat kendaraan laen di sebelah di jalur laennya (kalo di sebelah kanan itu jalanan arah balik) elo harus liat jarak nya kendaraan itu, masih jauh ato enggak? kalo kendaraan laen di arah balik itu jarak nya masih jauh, elo bisa maju lewatin kendaraan yang di depan elo lewat sisi kanan. setelah elo maju lewatin kendaraan yang di depan kita, pastiin elo udah di posisi paling depan dari kendaraan itu, supaya elo bisa langsung ambil kiri dan kembali ke posisi awal elo jalan. kalo kendaraan laen di arah balik itu jarak nya deket dan elo tahu itu ga bisa di selip, jangan pernah coba cara yang seperti ini, karena bisa fatal akibat nya.

  • Tapi Kalo elo mau nyalip dari kiri, yang aman elo harus liat objek di samping kiri elo (bukan kendaraan) bisa aja warung yang mangkal, orang lewat, kucing lewat he he he ato ato objek apapun itu, itu yang harus elo lakuin pertama. nanti bukan nya nyelip malah nabrak, hati hati. caranya sama seperti nyalip dari sisi kanan. tetapi elo harus ke langsung ke sisi kanan, setelah kira kira bisa lewatin kendaraan di depan elo tadi.

Untuk belok kanan dan kiri saat ngebut ini tips nya:

  • Jangan lupa kasih tanda lampu sen kalo mau belok dan matiin setelah udah belok, karena kalo gak dimatiin (elo lupa) orang nyangkah ini orang mau kemana sih? he he he

  •  Belok saat ngebut itu juga perlu feeling loh. maen rem yang udah sesuaiin dengan kecepatan ato yang paling ganpang lepas gas pas lagi rem (kadang bahaya juga sih) tapi itu juga bisa bikin aman saat belok.

  • Yang utama dalam ngebut saat belok adalah steering. kalo elo bisa handling stang motor elo (ke kanan ato ke kiri) dengan tepat saat belok, itu udah bagus supaya elo gak kehilangan handling. tetapi rem dan gas harus sesuai juga

  • Yang aman sih kalo belok itu jangan langsung ngebut ato (tancap gas kencang) ngebut dalam urusan belok itu minimal harus di kurangi dikit. karena takut nya bisa kehilangan handling.

  • Elo juga harus liat  celah untuk elo belok. harus ngelihat situasi di jalanan pas elo belok. takut ada apa apa pas elo mau belok nanti, elo harus siapin rem, waspada kalo ada kendaraan laen maju ke arah elo, elo harus siap hindar dan ngerem.

*Tips Aman Di Tempat Parkir*

Ditempat Parkir sih kalo ditempat perbenlanjaan umum, mall, toko buku, ato tempat laen yang ada satpamnya sih, udah dijamin aman. tapi kalo gak ada atau kira-kira tingkat keamanannya kurang gimana? tenang ini ada tipsnya:

  • Pertama pastiin motor elo udah terkunci stang saat diparkir, kebanyakan orang banyak lupa atau males sama yang satu ini. padahal kunci stang, yang motor (biasanya) dibelokin kekiri dulu (tergantung jenis motornya) ini adalah langkah pencegahan, yang aman saat elo parkir dimana aja. bukan ngelihat dari pelaku curanmor punya alat cangih. tapi itu kan ngebutuhin waktu buat pelaku kejahatan sebelum ngambil motor korban.

  • Jangan lupa untuk ngecek Kunci. 100% ini adalah kesepatan buat ranmor ataupun orang laen buat ngambil motor elo. gak mau kan kaya gitu? makannya dicek dahulu sebelum kaki melangkah, meninggalkan motor, kunci motor elo ada disaku elo. jadi kunci stang + gak ninggalin kunci, itu udah tindakan pengaman motor elo deh.

  • Kalo elo mau pake keamanan jenis laennya juga boleh, umpamanya dirante atau cakram di gembok,dll itu udah bagus banget. jadi kalo kalo orang mau jahat, udah berhasil lumpuhin kunci kontak elo…tapi bro…dibawah dirante dan cakram digembok dia mikir 2x lah.

  • Kalo mau aman lagi, ganti kunci kontak elo jangan berbentuk kunci aslinya. biasanya lurus, tinggal lup. dibengkel ada juga variasinya untuk kunci kontak buat motor, bisa tutup lagi bagian masukin kuncinya (tergantung jenisnya). ada kunci kontak berbentuk bulat, kotak, macem-macem. yang berlogo, kayak logo Nazi dan Batman juga ada. soal harga sih relatif, yang penting keamanan kan?

Kalo Elo Parkir Ditempat Sepi:

Tempat sepi biasanya ga jaminan motor aman. karena selain ga ada orang yang jagain, seperti adanya security digedung-gedung. terus karena sepi kesempatan banget buat orang ngambil motor, biar ga berhasil pun, helm atao barang elo yang kecantol disono bisa kena deh. jadi kalo elo ada diposisi gitu, ini tipsnya:

  • Lihat sekeliling daerah yang sepi itu, kalo dianggap rawan, selain pake tips yang udah dijelasin diatas tadi, elo juga minimal, harus kontrol terus, kalo perlu bolak-balik, sejam sekali kalo misalnya lama markir disitu. untuk mastiin aja, motor elo masih ada.

  • Kalo elo dirumah teman atau kenalan. bisa dimasukin kedalam halaman rumahnya, tapi kunci sih tetep, buat jaga-jaga. soalnya curanmor jaman sekarang nekat-nekat, ditempat rame aja bisa nyolong, apalagi ditempat elo ngerasa udah aman.

  • Kalo dirasa lama ketempat itu dan ga ada satupun parkiran dan tukang parkir, elo boleh parkir dipos satpam, tempat ibadah, sekolah,dll (misalnya) tujuannya daripada elo parkir sembarang dan ga jelas tanpa pengawasan. lebih baik parkir ditempat-tempat yang bukan umum, mungkin yang ga semestinya buat dijadiin tempat parkir. kayak pos satpam, bisalah kasih berapa buat di jagaain. juga bisa minta bantuan parkir disana, dengan orang yang ngurus tempat ibadah itu. atau bisa minta bantuan satpam sekolah, kalo mepet markir disana (meskipun elo udah lulus kapan tahu?) markir ditempat para pelajar sekolah. ya itu lebih baik sih, kalo kepepet.

So..Itulah Tips Tips buat elo saat berkendara, yang sebenernya masih banyak tips-tips laen yang di bahas. tapi tips-tips ini udah cukup untuk mewakili tips lain nya. semoga bisa berguna bagi anda yang akan berkendara di jalanan. kalo nulis nya begini pake bahasa gak formal itu semata – mata biar bebas ngasih tips nya.

So Jangan Lupa untuk baca ato nonton video lainnya di: https://wildanrenaldi.wordpress.com/, thank you.

Tentang wildanrenaldi

Hi Friend Welcome, thank to visit this Blog, enjoy yourself to Read Post or Comment, Please Enjoy, Thank You.
Pos ini dipublikasikan di Ilmu Pengetahuan, Tips Dan Trik dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s